JAKARTA – Sejak pertama kali diperkenalkan untuk pasar Indonesia tahun 2017 silam, Mitsubishi Xpander terus berperan dalam mengangkat posisi Mitsubishi Indonesia di kancah global.

Di dalam negeri, tidak perlu waktu lama bagi Xpander untuk menjadi raja MPV dan konsisten menjadi kontributor terbesar penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Banyak faktor yang membuat Mitsubishi Xpander jadi mobil MPV terlaris di Indonesia. Di tengah banyaknya model-model MPV brand lain yang menawarkan harga lebih murah, namun nyatanya konsumen lebih memilih Xpander.

Sepanjang Juli 2021, Mitsubishi Xpander terjual sebanyak 6.974 unit. Xpander mendapatkan pangsa pasar hingga 33 persen, lebih tinggi dari tahun sebelumnya hanya 25 persen.

Hal itu disebabkan beberapa faktor seperti desain yang lebih dinamis dan sporty, faktor kenyamanan, performa, layanan purna jual optimal, hingga harga jual yang tinggi membuat konsumen menganggap membeli Xpander merupakan sebuah keuntungan.

Baca juga :  Layanan Purna Jual Mitsubishi Mempengaruhi 'Resale Value' Xpander, Cek Faktanya

“Model Xpander termasuk Xpander Cross terus memperkuat posisinya sebagai model favorit konsumen yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen Indonesia. Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model ini, dibuktikan dengan peningkatan penjualan dan pangsa pasar di segmennya,” kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Tak sampai di situ, model MPV yang dirakit di tanah air tersebut kini menjadi tulang punggung Mitsubishi Indonesia untuk pasar ekspor. Pada akhirnya Mitsubishi Motor Corporation (MMC) memposisikan Mitsubishi Indonesia sebagai pemain penting dalam mendongkrak brand Mitsubishi di banyak negara.

Berbeda dengan Pajero Sport yang merupakan model global, maka Xpander bisa dikatakan produk fenomenal karya Mitsubishi Indonesia.

Baca juga :  Nissan dan Datsun Iringi Peresmian Tol Trans Jawa oleh Jokowi

“Kalau Xpander, diekspor ke 30 negara, awalnya diproduksi khusus untuk Indonesia sesuai permintaan pasar Indonesia. Indonesia jadi pasar yang utama. Untuk ke depan rencana itu tidak akan berubah walau ada permintaan dari negara lain,” ujar Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales And Marketing PT MMKSI.

Menanggapi model Xpander yang saat ini sudah diproduksi di negara lain seperti Malaysia dan Vietnam, Tsuchida berujar hal itu tidak akan merubah status Indonesia sebagai basis utama Xpander. Dengan dirakitnya Xpander di beberapa negara, posisi Mitsubishi Indonesia justru diuntungkan karena sebagian besar komponen masih diproduksi di dalam negeri.

“Tentunya kami dari MMKSI tidak bisa berkomentar mewakili MMC mengenai global policy mereka. Sekarang Xpander dirakit di Indonesia tapi juga di Vietnam dan Malaysia dengan volume yang sangat terbatas. Tapi komponen Xpander tetap diproduksi di Indonesia dan diekspor MMKSI. Jadi Mitusbishi Indonesia masih tetap berkontribusi pada peningkatan perdagangan internasional,” beber Tsuchida.

Baca juga :  Rekor Baru Dicetak Mitsubishi Xpander dengan Penjualan 100 Ribu Unit

Mengenai ekspor, pihak MMKSI juga meyakini volume ekspor mereka akan terus bertambah setiap tahunnya dan MMKSI pun berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas produksi. [Po/Byn]