BANTEN – Mitsubishi XPANDER AP4 kembali menunjukkan performa terbaik dihari pertama Kejuaraan Nasional Sprint Rally yang bertajuk Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally, Sabtu 10 April 2021.

Pada Special Stage (SS) pembuka Kejuraan Nasional 2021 yang berlangsung di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, Mitsubishi XPANDER AP4 menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 24,9 detik.

XPANDER AP4 yang dikemudikan pasangan Rifat Sungkar dan M.Redwan meninggalkan jauh lawan-lawannya, baik pada kategori M1 dimana XPANDER AP4 berada maupun secara overall. 

Walaupun di hari pertama sempat terganggu akibat hujan yang mengguyur sirkuit sejak pukul 3 pagi, membuat lintasan rusak dan tidak layak untuk dijadikan lintasan perlombaan. Akibatnya, panitia membatalkan SS1 yang sedianya akan dimulai pada pukul 10.00 pagi.

Baca juga :  F1 Styria: Lewis Hamilton Tampil Perkasa, Duo Ferrari Gagal Finish

Cuaca berangsur membaik pada siang hari sehingga panitia melakukan revisi lintasan, dan memberikan peserta untuk dapat melakukan start menjalani SS2 pada pukul 13.00 WIB. 

Rifat Sungkar, pereli dan juga pendiri Xpander Rally Team mengaku performa XPANDER AP4 menurutnya, sudah terasa memuaskan sejak shakedown (uji coba lintasan dan latihan resmi) pada hari Jumat, 9 April 2021.

“Unbelievable enak, enak sekali mobilnya. Padahal baru kali ini kami menghadapi lintasan seperti Sirkuit Badak yang super bumpy  atau sangat bergelombang. Set-up mobil juga sangat berbeda dari semua set-up yang pernah kita lakukan sebelumnya,” ucap Rifat.

Baca juga :  Gerry Salim dan Mario Suryo Aji Raih Poin di Valencia

Rifat merasa puas atas hasil yang diraih di SS pembuka. Tidak hanya mobil yang tampil prima, namun juga mampu memimpin dengan jarak waktu yang cukup atas lawan-lawannya.

“Memang harus ada penyesuaian untuk SS berikutnya, namun hasil di hari pertama sangat-sangat bagus,” ujar Rifat.

Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 merupakan event pembuka pada kalender Kejurnas Rally tahun 2021 ini. Sirkuit Badak yang menjadi venue Kejurnas Sprint Rally tersebut berada di kawasan Tanjung Lesung, Banten, dengan memiliki panjang lintasan 4,75km.

Kekhasan sirkuit ini terletak pada karakter permukaan yang beragam. Meski secara umum masuk dalam kategori Gravel, permukaan lintasan Sirkuit Badak terbagi menjadi permukaan pasir, lumpur dan berbatu. Kondisi demikian menghadirkan tantangan tersendiri baik bagi tim mekanik dalam melakukan set-up mobil yang tepat.

Baca juga :  Helm NHK Makin Eksis di MotoGP, Moto2 & Moto3

Kompetisi yang diikuti total 92 starter ini rencananya akan berlangsung dalam 4 Special Stage (SS) yang terbagi dalam SS Clockwise atau searah jarum jam dan 2 SS Anti-Clockwise atau berlawanan dengan arah jarum jam. [Po/Byn]