JAKARTA – Seorang terduga maling motor gagal menikmati hasil curiannya. Pasalnya, dengan pedenya dia memposting foto selfi-nya di atas motor curian tersebut. Pemilik motor yang melacak melalui Medsos menemukan jejak fotonya. Apes !

Kita boleh menyebut Irfano Rival (nama Facebooknya) sebagai maling bego. Bukannya mengamankan motor curiannya, eh malah asyik berfoto dengan si motor lalu mempostingnya ke Medsos.

Dedi Junaedi (47) si pemilik Vespa merah LX 150V kaget ketika Jumat (6/3) dinihari mendapatkan sang motor lenyap di garasi rumah di kawasan Jl. Tipar Cakung, Jakarta Timur. 

Kagetnya bertambah karena LX 150V terkenal dengan sistem pengamannya yang sangat safety. Sistem pengamanan kunci skuter ini tergolong canggih tak mudah ditembus. 

Ya, kunci kontak Vespa LX 150V menggunakan fitur iMobilizer. Jika tanpa duplikat atau chip setnya tak akan bisa dinyalakan. Diangkat pun susah, karena komponennya besi semua. 

Baca juga :  Astra Lengkapi RSCM dengan Alat Medis ICU & HCU

“Malam itu saya lalai, tidak mengunci stang motor. Si maling nampaknya mendorong motor hingga ke jalan raya dan selanjutnya di-stut meninggalkan lokasi,” ungkapnya.

Pagi itu juga Dedi berikhtiar melakukan pelacakan lewat beragam cara. Percaya atau tidak, ujarnya, semua terungkap berawal dari update status si terduga pencuri di akun Facebook miliknya. “Sungguh bersyukur kehadirat Allah, motor Vespa saya bisa diketemukan kembali dalam 15 jam,” ungkapnya.

Kronologisnya seperti di-share Dedi di medsosnya, Jumat pukul 02.00 anak pertamanya membangunkannya karena motor di teras hilang. Saat itu juga mereka berusaha kejar pelaku tapi gagal. Dia pun pasrahkan motornya hilang.

Sejak itu hingga siang, Dedi sekeluarga blast ke medsos tentang berita kehilangan, termasuk ke komunitas-komunitas Vespa. Jumat pkl 16.00, seorang sepupu memberi kabar kalau temannya melihat ada seseorang yang posting motor di Facebook, yang sosoknya mirip dengan motor yang hilang.

Baca juga :  Inilah Para Pemenang Undian Test Drive Suzuki Ertiga

“Saya langsung cek ke Facebook dan hati kecil saya bilang ini memang motor saya!,” cerita Dedi yang mulai bersemangat.

Nama si tersangka sesuai akunnya adalah Irfano Rival. Dengan bantuan keluarga, kerabat dan teman Dedi langsung lacak keberadaan yang bersangkutan. Dari berbagai sumber akhirnya diketahui lokasi pelaku.

Mereka segera meluncur ke TKP dan menemukan motor dalam kondisi sudah dipreteli. Sayangnya, pelaku sudah kabur dari lokasi tersebut.

Pencuri buron dan motor dititipkan di tempat temannya. Facebook yang bersangkutan langsung ditutup sekitar pukul 18.00. Tapi seluruh content sudah diamankan, termasuk beberapa foto yang bersangkutan.

Baca juga :  Telah Hilang 26 Tahun Ford Ranger Ditemukan Masih Utuh Bersama Kerangkanya

Dedi meminta kepada teman, kerabat yang mengetahui, kenal atau ada info mengenai yang bersangkutan please hubungi saya atau keluarga saya. 

Meski beberapa bagian si Vespa merah yang dipanggilnya My Pevita ini, sudah dipreteli, Dedi Junaedi menyampaikan rasa syukurnya.

“Terimakasih untuk keluarga, kerabat, komunitas Vespa dan semua yang sudah membantu menemukan sang motor kurang dari 24 jam,” ujar Dedi bersyukur seraya mengajak masyarakat lebih berhati-hati lagi menjaga kendaraannya. [Po/Haz]