JAKARTA – Selama kurun waktu 50 tahun, eksistensi Suzuki di pasar otomotif nasional sudah cukup mengakar oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan beberapa model Suzuki tercatat berhasil meninggalkan kesan yang kuat di hati konsumen. Seperti model kendaraan niaga Suzuki Carry, serta model kendaraan penumpang seperti Jimny hingga Baleno.

Kesuksesan generasi terdahulu membuat generasi terbaru Carry, Jimny, dan Baleno kembali dengan mudah dapat diterima oleh konsumen.

Dari kaca mata industri, jelas Suzuki merupakan salah satu brand teratas di Indonesia. Akan tetapi ada satu aspek yang sepertinya harus dilakukan Suzuki dalam hal pembuktian kualitas produknya, yakni berlaga di kancah motorsport.

Baca juga :  MotoGP Styria Diwarnai Red Flag, Jorge Martin Ungguli Joan Mir

Motorsport sendiri bukanlah hal baru bagi Suzuki (global). Pabrikan berlogo S tersebut pernah ikut berkompetisi di ajang World Rally Championship (WRC). Bahkan saat ini Suzuki sudah menjadi tim papan atas di MotoGP.

Bicara motorsport lokal (nasional), Suzuki sudah memiliki beberapa program motorsport untuk divisi roda dua lewat model Suzuki GSX dan Suzuki Satria. Hanya saja, untuk jenis olahraga mobil (roda empat) seperti Rally, slalom, balap touring dan lain-lain Suzuki Indonesia sepertinya masih berhitung.

Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra mengatakan bahwa pihaknya sudah merencanakan program motorsport untuk tahun 2020 ini. Hanya saja, situasi pandemi membuat Suzuki Indonesia harus mengalihkan fokus untuk hal lain yang lebih prioritas.

Baca juga :  Kisah Perjuangan Pebalap AHM Indonesia di Seri Perdana ATC 2021

“Di usia 50 tahun ini kita mau balik ke motorsport atau tidak? Jawabannya bila tidak ada pandemi, kami memiliki keinginan,” ujar Donny di acara Ngobrol Virtual Dulu (Ngovid) Forwot bersama PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Rabu (30/9/2020).

Sebagai tambahan informasi, Suzuki memang tidak atau belum menurunkan tim resmi pabrikan di ajang motorsport nasional. Akan tetapi beberapa model seperti Suzuki Swift nyatanya cukup populer digunakan oleh beberapa pembalap privateer baik di ajang rally maupun balap touring (sirkuit).

Baca juga :  Kenali Risiko Bawa Muatan Berlebih pada Penggunaan Mobil Pick Up

Sayangnya, saat ini Suzuki Swift sudah tidak dijual di Indonesia karena posisinya digantikan dengan kehadiran Suzuki Baleno Hatchback yang secara karakteristik juga sangat layak dan mumpuni melibas sirkuit.

Semoga pandemi ini cepat berlalu, kita tunggu kiprah Suzuki di motorsport. [po/bayu]

Sumber foto: motorbeam