JAKARTA – Toyota berencana untuk membuat kendaraan small SUV dengan menggunakan basic platform yang sama dengan Yaris generasi keempat.

Bocoran ini terlihat dari gambar siluet kendaraan dengan sketsa resmi yang menggambarkan sebuah kendaraan bukan hatchback.

Nantinya, model ini akan mengisi jenis segmen baru yang posisinya di bawah Toyota C-HR.

“Ini bukan hanya Yaris dengan penutup badan dan suspensi yang dinaikkan, tetapi model B-SUV yang sama sekali baru dan khas dengan desain yang kompak, dinamis, dan kepribadiannya sendiri,” kata Matthew Harrison, Wakil Presiden Eksekutif Eropa.

Baca juga :  Andai Toyota Starlet Lahir Kembali, Beginikah Tampangnya?

Harrison menambahkan bahwa konsumen tidak perlu menunggu lama untuk melihat desain finalnya. Ia juga optimis model ini akan menambah kesuksesan Yaris di Eropa.

“Kendaraan ini akan mencapai sekitar 30 persen dari volume penjualan Toyota di wilayah ini pada tahun 2025,” ujarnya.

Seperti disebutkan di atas, SUV berbasis Yaris yang belum disebutkan namanya akan ditopang oleh platform GA-B Toyota New Global Architecture (TNGA). Berbeda dengan C-HR yang sedikit lebih besar didasarkan pada arsitektur GA-C dan memiliki jarak sumbu roda panjang 2.640 mm.

Baca juga :  Demi Penuhi Suplai New Avanza, Pabrik Daihatsu Geber Produksi

Jika memang kendaraan baru ini di bawah C-HR maka akan menjadi alternatif baru dengan harga yang lebih terjangkau dari crossover segmen B lainnya, seperti Renault Captur, Peugeot 2008, dan sebagainya.

Small SUV berbasis Yaris ini ditargetkan selesai pada paruh kedua tahun 2020 dan produksi akan dimulai di pabrik Onnaing, dekat Valenciennes, Prancis. [Po/rst]

Leave a Reply

Your email address will not be published.