JAKARTA – Mendorong pengembangan sumber daya manusia khusus nya dalam dunia pendidikan Sekolah Menengah kejuruan (SMK). PT Thamrin Brother (TB) memberikan pelatihan guru dan sosialisasi kurikulum SMK Binaan Yamaha.

Selaku main Dealer Yamaha di Sumatera Selatan dan Bengkulu PT. TB, menggelar Training & Pelatihan Guru Teknis Bisnis Sepeda Motor (TBSM) serta Sosialisasi Kurikulum SMK Binaan Yamaha Level. 2  yang disesuaikan dengan kurikulum industri terutama pada program studi Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Materi yang diberikan saat pelatihan adalah advance maintenance & throubleshooting engine noise, Yamaha Diagnostic Tools Analize (YDT), operasional fitur rem ABS dengan YDT, Smart Key Sistem dan Y-Connect sistem. 

Selain kegiatan tersebut, PT. TB juga melakukan penandatanganan MOU dengan 18 SMK Binaan Yamaha yang diketahui oleh Dinas Pendidikan Sumatera Selatan melalui Kasi. Kurikulum Dinas Pendidikan Sumsel yaitu Awalluddin, S.Pd, M.Si. Acara ini pun dihadiri oleh Drs. H. Darlius, MM. M.Pd sebagai Kepala Sekolah SMK YP. Gajah Mada, Wahidin selaku Senior Manager After Sales PT. Thamrin Brothers dan Muslian, ST sebagai Manager After Sales PT. Thamrin Brothers.

Baca juga :  Warna Baru Yamaha XMAX Makin Kece dengan Velg Biru

Dalam aktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan ini, Drs. H. Darlius, MM. M.Pd selaku Kepala sekolah SMK YP. Gajah Mada Palembang memberikan pesan, dalam sambutannya mengatakan. ”Pihak SMK harus serius dalam membangun komunikasi dan kerjasama antara SMK dan IDUKA (Dunia Industri dan Dunia Kerja) melalui kegiatan-kegiatan Yamaha agar apa yang menjadi tujuan dunia pendidikan  selalu menciptakan sumber daya manusia  yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja,”

Lebih jauh Darlius menambahkan, “SMK Gajah Mada sudah melakukan kerjasama selama 11 tahun dan sekarang sudah memiliki kelas khusus Yamaha dimana sistem pembelajaran serta fasilitas pembelajaran prakteknya sudah berstandard Yamaha.”

Baca juga :  MAXI Yamaha Day, Singgah di Pantai Melasti Bali Pekan Ini

Sedangkan Senior Manager After Sales PT. TB Wahidin mengatakan komitmen Yamaha untuk terus mendukung program vokasi yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam membangun Link and Match antara SMK dengan industri.

”Ini wujud tanggung jawab Yamaha PT. Thamrin Brothers sebagai pelaku industri dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Kami harap proses pembelajaran yang diberikan ini dapat menjadi motivasi bagi sekolah, guru dan siswa-siswi SMK dalam mempersiapkan diri untuk  jadi insan yang memiliki daya saing yang ketat.” ujar Wahidin. 

Sebelumnya, di tahun 2019-2020 kegiatan pelatihan guru level. 1 sudah dilaksanakan di beberapa wilayah kota dan kabupaten oleh PT. Thamrin Brothers dengan Dinas Pendidikan Sumsel. 

Baca juga :  BMW Astra Tanggung Biaya Perbaikan Mobil Konsumennya

Dalam kesempatan yang sama pula Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan memberikan apresiasi terhadap IDUKA (Dunia Industri dan Dunia Kerja) Yamaha dan PT. TB yang selalu konsisten terhadap dunia pendidikan dalam mengembangan kurikulum industri bersama dunia pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini.

Dengan kegiatan yang berkesinambungan dapat membantu program pemerintah Sumsel dalam mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan melalui program Link & Match Pendidikan SMK dan IDUKA (Dunia Industri dan Dunia Kerja). [Po/Rls]