JAKARTA – Motor listrik Nasional Gesits yang dalam waktu dekat akan segera diproduksi secara massal ini telah mendapatkan apresiasi positif dari Presiden Republik Indonesia (RI).

Saat melakukan test ride di kawasan Istana Negara, Rabu (7/11). Joko widodo menyambut baik motor listrik yang 100% karya anak Bangsa ini.

Menurut Jokowi, motor listrik Gesits dengan kapasitas baterai penuh mampu menempuh jarak sejauh 70 kilometer (KM) telah teruji tanpa mengalami kendala berarti saat dilakukan test uji coba jarak jauh dari Jakarta menuju Bali.

“Ya ini uji coba sudah lama dan sudah masuk juga ke uji semuanya sudah, sekarang tadi kita bicara masalah produksi, jadi sebentar lagi mau diproduksi sebulan kurang lebih 1 tahun 60.000 unit, 1 bulan 5.000 unit,” ungkap Jokowi.

Baca juga :  Tidak Seperti Motor, Kendaraan Ini Lebih Mirip Flashdisk

Pembahasaan produksi massal Gesits oleh Jokowi diungkapkan setelah usai bertemu dengan Menristek Dikti Muhammad Nasir, Rektor ITS, Rektor ITB berserta jajaran Direksi PT Wijaya Karya perihal mengenai langkah produksi selanjutnya.

Menariknya, seperti yang diutarakan Direktur PT Gesits Technologies Indo (GTI) Zaki Nahdi Saleh, dalam skema pembelian Gesits, di mana konsumen hanya membeli motornya saja, sedangkan baterai listrik disediakan oleh Pertamina.

Baca juga :  NMax Baru Belum Ada, Yamaha Luncurkan Varian Matte Red

Dengan demikian, ketika baterainya mau habis, pemilik kendaraan tinggal pergi ke SPBU yang sudah ada swap station atau menukaran baterai. jadi penguna motor listrik Gesits tidak perlu menunggu lama mengecas baterai motor terisi secara penuh untuk dapat digunakan kembali.

“Jadi enggak ada cerita nunggu tiga jam, lima jam. Kuncinya di sini itu motor beli, baterainya dimiliki Pertamina. tinggal datang ke SPBU pertamina saja,” jelas Zaki.

Ditambahkan Jokowi “Jadi jika motor ini sudah mulai diproduksi saya akan jadi orang pertama yang akan membeli Gesits ini,” beber Jokowi kepada wartawan.

Baca juga :  Perpres Presiden Mengejar Ketertinggalan Industri Mobil Listrik

Menurut informasi yang disampaikan kepada Jokowi, Gesits ditenagai oleh baterai lithium ion dan dapat melaju kurang lebih 70 kilometer untuk kondisi baterai penuh. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published.