SEPANG – Dalam sesi kualifikasi MotoGP Malaysia, Sabtu (3/11), MotoGP tampil impresif. Dalam sesi yang diwarnai oleh hujan itu.

Pembalap Repsol Honda ini sukses menjadi pembalap tercepat. Dengan raihan pole position tersebut, Marquez otomatis bakal memulai balapan dari posisi pertama.

Namun sayang, capaian terbaik itu tak bertahan lama. Setelah panitia melakukan rapat, beberapa jam kemudian, Marquez dinyatakan kena hukuman penalti. Hukuman ini diberikan karena dia dianggap menghalangi laju rider Suzuki Andrea Iannone di tikungan ke-9.

Baca juga :  Akibat Kasus Doping, Iannone Dilarang Balapan Hingga Juni 2021

Apaboleh buat, Marquez harus menerima penalti berupa penurunan posisi hingga 6 grid. Alhasil dari posisi start pertama, posisi start-nya melorot ke posisi 7. Pada balapan Minggu (4/11), start pertama menjadi milik Johann Zarco yang mencatat hasil kualifikasi terbaik kedua.

Di barisan pertama tersebut, ada pula Valentino Rossi yang akhirnya naik ke posisi start kedua di susul oleh pembalap Suzuki Andrea Iannone di posisi ketiga. Posisi lima besar lainnya dikuasai oleh dua pembalap Ducati Andrea Dovizioso dan Jack Miller.

Baca juga :  Lexus Kembangkan Mesin V8 Twin Turbo Untuk Balap Enduro

Meski membalap dari posisi start ke-7, banyak yang meramal, Marquez akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk berada di barisan. Selama ini, aksi semacam ini bukan hal yang sulit bagi pembalap yang sudah mengunci juara dunia 2018 ini. Aksi Marquez menembus posisi depan, bakal menarik untuk disaksikan.

Soal kesalahan Marquez ini, bukan kejadian pertama yang dialaminya. Pembalap Spanyol ini pernah dijatuhi hukuman turun 3 grid setelah dianggap mengganggu laju pembalap Yamaha, Maverick Vinales pada MotoGP Amerika. [Po/Haz]

Baca juga :  Klapanunggal Racing Team Siap Jadi Kuda Hitam di Ajang Balap 2020

Hasil Kualifikasi MotoGP Malaysia 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.