JAKARTA – Tekiro salah satu brand tools kenamaan memperkuat namanya di kalangan pelajar SMK dengan menggelar Tekiro Mechanic Competition (TMC) 2022. Tekiro menyebut TMC bakal menjadi kompetisi otomotif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terbesar dengan peserta kurang lebih 5000 siswa.

Launching Tekiro Mechanic Competition diselenggarakan bersamaan dengan Buka Puasa Bersama jurnalis di Pribadi Coffee, Menteng Jakarta Selatan pada Kamis (21/04).

Disebutkan, event yang akan digelar di Jakarta tahun 2022 diikuti SMK se-Jabodetabek dari jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dengan memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah.

Peserta TMC ditargetkan 5000 siswa dari 400 sekolah baik sekolah swasta maupun sekolah negeri dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang akan berpartisipasi mulai dari dibabak penyisihan hingga final.

Untuk memeriahkan acara, TMC memperebutkan hadiah uang tunai, piala bergilir, sertifikat, perkakas otomotif dan prioritas menjadi karyawan Tekiro.

Baca juga :  PT SIS Gelar Suzuki Salesman Competition 2019 Ini Para Juaranya

“Acara yang pertama kali kami gelar ini selain bertujuan untuk mengasah keterampilan para siswa untuk terampil didunia kerja juga merupakan bentuk kepedulian Tekiro didunia pendidikan,” ujar Hery, Ketua Pelaksana Tekiro Mechanic Competition 2022.

Novitasari, Brand Marketing Manager Tekiro menyebutkan, TMC 2022 merupakan ajang kompetisi pelajar SMK yang diadakan Tekiro dalam rangka menerapkan pemahaman materi dan kemampuan keterampilan dalam ruang lingkup otomotif.

Untuk kompetisi yang diselenggarakan secara online dan offline ini tidak dikenakan biaya ke peserta alias gratis dan pihak sekolah bisa mengirimkan perwakilan siswa sebanyak-banyaknya.

Untuk tes online yang akan diikuti ribuan peserta siswa SMK ini akan diuji dengan menjawab soal-soal tentang teori dasar otomotif, dasar konstruksi, komponen engine dan pengetahuan seputar produk handtools otomotif.

Babak Semifinal secara offline akan diikuti 20 team dari 20 sekolah terbaik yang dipilih dari hasil tes di babak penyisihan. Konsep Tes di semifinal berupa kerja bangku dalam bentuk mengerjakan soal dan praktek secara langsung yang dibagi menjadi beberapa pos.  

Baca juga :  Gelar Servis Gratis, Tekiro Menggandeng Mahasiswa Teknik Mesin ITS

Dalam setiap pos, peserta diberikan berbagai permasalahan yang harus diselesaikan secara team dalam waktu yang telah ditentukan. Adapun soal yang akan diuji disetiap pos seperti Alat Ukur, Sistem Kelistrikan, Sistem Pengapian, Sistem Transmisi, Sistem Pelumasan dan Pendinginan.

Babak Final akan diikuti 10 team dari 10 sekolah terbaik yang diambil dari hasil tes di babak Semifinal. Babak Final para peserta akan menjalani uji Troubleshooting motor dan presentasi terbuka didepan juri yang terdiri dari perwakilan Tekiro, Influencer dan Praktisi Bengkel.

Untuk uji Troubleshooting, ujian yang dilakukan adalah analisa masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, bongkar pasang motor dan penanganan masalah pada motor.

“Kami berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan Tekiro Mechanic Competition 2022, kami berharap kegiatan ini bisa dijadikan agenda tahunan sebagai ajang kompetensi siswa baik untuk jurusan TKR maupun TSM”, ujar Sahabat Bancin Mpd, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) provinsi DKI Jakarta.

Baca juga :  Posko Siaga Mudik DFSK Siap Manjakan Para Pemudik Lebaran

Agar lebih meningkatkan kualitas kompetisi dengan penggunaan tools yang lengkap dan bervarian, Tekiro Mechanic Competition 2022 didukung sepenuhnya oleh Rexco Multipurpose Lubricant, Ryu Powertools dan Altama Goes To School. {PO/HAZ}

Jadwal Pendfatran TMC 2022:

Pendaftaran

Proses Pendaftaran dilakukan melalui website www.tekiro.com dari bulan April hingga 11 Juni 2022.

Semifinal-Final

Babak Semifinal dan Final berlangsung Sabtu-Minggu, 27-28 Agustus 2022 di kantor Tekiro, Jakarta Utara.