JEPANG – Honda sungguh beruntung memiliki pembalap sehebat Marc Marquez. Tahun ini pembalap Spanyol berjuluk Baby Allien tersebut kembali menambah pundi-pundi gelar bagi Honda. 

Setelah mengunci gelar Juara dunia MotoGP 2019 di MotoGP Thailand, kini Marquez mempersembahkan gelar juara konstruktor untuk Honda.

Hebatnya, gelar tersebut diberikannya kepada Honda pada balapan kandang di sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (20/10/2019) siang WIB. Tak pelak, Repsol Honda Team dibuat gembira tiada tara.

Baca juga :  Konsistensi Sepanjang Musim, Kunci Marquez Jadi Juara MotoGP 2019

Di balapan kandang ini, Marquez menunjukkan kelasnya sebagai pembalap terbaik MotoGP saat ini. Tampil sebagai pole position, Marquez dominan di Jepang 2019. Dia tak kehilangan posisi pertama sejak start hingga finish.

Di belakang Marquez adalah Fabio Quartararo  yang untuk keempatkalinya tampil di podium kedua. Pada podium ketiga ditempati oleh Andrea Dovizioso dari tim Ducati.

Usai MotoGP Jepang, nilai konstruktor Honda adalah 356. Sementara Ducati di peringkat kedua dengan selisih 86 poin. Dengan sisa tiga seri lagi, nilai konstruktur Honda ini tak bakal terkejar lagi.

Baca juga :  Kendala Honda RC213V, Marquez Harus Puas Start di Posisi Ke-6

Honda begitu hebat belakangan sepanjang empat tahun ini dengan merebut gelar konstruktor secara beruntun selama empat tahun. Tambahan gelar tahun ini membuat Honda telah menjadi juara dunia konstruktor sebanyak 25 kali.

Tahun ini Marquez kembali menjadi penyumbang terbesar bagi Honda dengan memborong 10 kemenangan sepanjang MotoGP 2019 dengan total 350 poin. Sementara enam poin lainnya berasal dari Takaaki Nakagami ketika finis terbaik di MotoGP Amerika Serikat. [PO/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published.