ITALIA – Team Suzuki Ecstar MotoGP kembali menuai hasil positif dalam lanjutan MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (13/9/2020) lalu.

Dua rider Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir tampil impresif dan balapan akhirnya ditutup dengan elegan oleh Joan Mir dengan meraih podium ketiga setelah menyalip Valentino Rossi di lap terakhir.

Keberhasilan Mir juga tak lepas dari taktik jitu yang ia terapkan. Jalannya balapan berlangsung dramatis, duet Suzuki melakukan start yang baik dengan Rins menempati posisi keenam dan Mir kedelapan di lap pertama.

Baca juga :  Rinaldo SA Catatkan Rekor di Seri Perdana Slalom Honda BSNC 2019

Ketika Rins sanggup meningkatkan kecepatannya, mencetak putaran tercepat dan naik ke posisi kelima pada putaran kedelapan balapan, sebelum akhirnya mengambil alih posisi keempat. Mir masih tetap menempel di belakang rekan satu timnya di urutan keenam.

Rins menyesuaikan diri dengan ritme kecepatan balap yang luar biasa hingga makin mendekati podium. Dengan hanya beberapa putaran tersisa, kedua pebalap Tim Suzuki Ecstar MotoGP memiliki peluang besar untuk berada di podium. Namun, ketika performa Rins mulai menurun, Joan Mir langsung mengambil momen itu.

Pada lap terakhir, setelah menyalip rekan setimnya, Mir kembali melakukan manuver cantik dengan melewati the doctor dan finish di posisi ketiga, sementara Rins finish di posisi kelima tepat di belakang Rossi.

Baca juga :  MotoGP Belanda Ikutan Ditunda, Finlandia jadi Seri Pembuka?

“Saya sangat senang. Saya tidak sekuat di Austria, tapi saya tetap naik podium. Saya benar-benar menikmatinya, dan sangat menyenangkan bisa menyalip di akhir balapan,” kata Mir.

“Saya tahu saya bisa melakukannya di tikungan itu jadi saya percaya diri. Saya sadar bahwa saya akan berjuang sedikit di putaran pertama dengan ban baru tetapi kecepatan saya dengan ban yang telah terpakai jauh lebih cepat, jadi saya memanfaatkannya,” lanjutnya.

Baca juga :  Dibuka, Hari Pertama Intersport World Stage 2019 Bikin Puas Pecinta Drifting

Usai MotoGP San Marino, kini Joan Mir menempati peringkat keempat klasemen sementara MotoGP 2020, selisih 16 poin dari pemuncak klasemen, Andrea Dovizioso. Sedangkan Alex Rins berada di urutan ke-12. [po/rst]