MILAN –¬† Harley Davidson untuk pertama kalinya di pameran motor EICMA 2018, Milan, Italia, menghadirkan model awal motor sport listrik LiveWire yang akan dipasarkan diawal tahun 2019.

Prototipe motor listrik Harley Davidson ini sendiri sebelumnya telah diperkenalkan pada tahun 2014. Motor listrik yang akan resmi dipasarkan tahun depan ini sekaligus menjadi uji coba pertama motor listrik yang akan diproduksi secara massal.

Tampilan LiveWire sendiri tidaklah jauh berbeda dari prototipe tahun 2014 lalu, namun terdapat peyegeran dari penampilan motor ini dari versi prototipenya, bisa dikatakan ini adalah versi terbaru.

Informasi yang terdapat pada laman resmi Harley Davidson, motor ini memiliki kecepatan dan torsi yang besar, penggerak motor listriknya dipasang pada posisi bawah bodi motor sehingga pusat gravitasi LiveWire terbilang aman. Mengunakan rangka almunium keras dan suspensi full adjustable Showa membuat motor ini tidak liar dan mudah dikendalikan dengan berbagai kecepatan.

Baca juga :  Di Hari Pelanggan Nasional Suzuki Adakan "Victory Campaign"

Walaupun bertenaga listrik motor ini dapat menghasilkan suara, ketinggian nada suara dan volume mengikuti kecepatan motor saat dipacu, selain itu terdapat juga “Enjoy Sound” yang tidak dimiliki oleh motor listrik lain.

Spesifikasi kaki – kaki dari LiveWire ini diantaranya, bagian depan dilengkapi Separate Function Fork Big Piston (SFF-BP) pada bagian belakang mengunakan Balance free rear Cushion lite tipe monoshock.

Motor ini juga dilengkapi dengan kaliper monoblock Brembo dan cakram ganda pada rem depannya dengan sistem pengereman ABS dan traction control system sebagai perlengkapan standarnya, ban mengunakan Michelin Scorcher 180mm dan belakang 120mm dibuat khusus oleh Michelin untuk Harley Davidson.

Performa maksimum pada informasi resminya belum tersedia, namun bila mengacu pada prototipe motor ini memiliki outpus sebesar 72 hp, terdapat 7 mode pengaturan  berkendara, empat diantaranya standar dan sisanya dapat disesuaikan sesuai kebutuhaan pengendara.

Baca juga :  IIMS 2019 Bukukan Transaksi Lebih dari Rp 3,1 T

Spedometer memiliki Layar full-color TFT layar sentuh pada stangnya. Terlebih lagi, pengendara dapat menikmati pengalaman berkendara sambil bernavigasi dan mendengarkan musik menggunakan koneksi bluetooth dengan smartphone Anda.

Baterai dan Proses Charging, Motor ini menggunakan baterai ion lithium Rechargeable Energy Storage System (RESS) yang dilapisi dengan pelindung berbahan aluminium proses casting model sirip yang terpasang di pusat bodi motor. Selain itu, terdapat pula fitur baterai ion lithium kecil berkapasitas 12V yang menyediakan tenaga untuk lampu dan layar.

Motor ini memiliki gaya khas Harley-Davidson, seperti halnya pada motor Harley-Davidson yang umumnya memakai mesin V-Twin yang keren. Desain motor ini memiliki efek visual yang sangat impresif, lihat saja dari bodi motor hitam mengkilat dengan case berwarna silvernya yang menjadi symbol of power.

Baca juga :  Warna Baru Suryanation Motorland 2019 Siap Getarkan 6 Kota

Walaupun spesifikasi lengkapnya belum diumumkan, namun dapat terlihat bahwa motor ini memiliki bentuk rangka model diamond dengan pipa aluminium pada bagian kaki-kakinya merupakan kombinasi antara shock depan upside down dan linkless monoshock.

LiveWire dijadwalkan akan dipasarkan pada tahun depan. Harga dan spesifikasi detailnya akan rilis awal Januari 2019 mendatang. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published.