TAIWAN – Suzuki mania tengah berbunga-bunga. Pasalnya brand andalan mereka baru saja memperkenalkan generasi terbaru skuter matik (Skutik), dengan nama Suzuki Saluto 125, jagoan baru ini tampil cantik dengan tampang retro.

Di Indonesia, 7 tahun silam, Suzuki sudah bertaruh dengan meluncurkan skutik bergenre sama, yakni Suzuki Lets. Sayang, umur Lets tak panjang. Dia gagal bersaing dengan jagoan Honda, Scoopy yang penjualannya ciamik hingga saat ini.

Suzuki Saluto 125 diperkenalkan oleh Suzuki Taiwan menjelang tutup tahun 2019. Motor ini sudah bisa mengaspal pada Februari tahun 2020. Sang motor disiapkan bukan hanya bersaing dengan skutik retro asal Jepang, tetapi juga Italia.

Baca juga :  Fitur Baru Hadir di BMW RnineT 2020

Demi mendapatkan aura skuter ala Eropa, Suzuki Taiwan sengaja menyerahkan desain sang motor kepada insinyur asal Italia.

Tak heran jika Suzuki Saluto 125 diproyeksikan bisa bersaing dengan Piaggio dan Lambreta.

Ciri khas Suzuki Saluto 125 adalah berdesain serba membulat dengan beberapa bagian tampil elegan seperti skuter modern. Head lamp-nya tampil dengan lampunutama membulat. 

Bagian ini dikitari lapisan krom yang menimbulkan kesan mewah. Ada pula emblem Suzuki yang kian membuat bentuk muka skuter ini semakin berkelas. Semua lampu sudah menganut LED.

Baca juga :  Honda Catat Ekspor Motor 2019 dengan Menggembirakan

Dengan mesin 125, Suzuki Saluto bisa dihandalkan sebagai motor perkotaan. Mesinnya mengeluarkan tenaga meksimal 10 dk pada 6.000 rpm. Sementara konsumsi bahan bakar tergolong henat, diklaim menembus 51,1 km/ liter.

Sayang, harga Saluto 125 masih dirahasiakan. Suzuki Taiwan akan mengabarkan harganya saat sang motor dijual resmi pada Februari 2020. Wah… salut sama Saluto. Semoga bertahan lama di pasar Taiwan, bahkan bisa diboyong ke Indonesia. [PO/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published.