JAKARTA – Beberapa waktu lalu Suzuki Indonesia meluncurkan varian matic terbarunya yaitu Suzuki Nex II Crossover.

Kali ini redaksi Pojokoto.com berkesempatan menjajal langsung si kecil tangguh ini di jalan aspal dan jalan tanah.

Pada dasarnya, Nex II Crossover memang didesain sebagai motor dual purpose alias bisa dipakai di jalan aspal dan jalan tanah (offroad).

Dalam pengetesan kali ini, tim redaksi lebih memfokuskan pada impresi berkendara di jalur offroad.

Dari sisi handling, motor ini cukup memuaskan dengan posisi berkendara yang nyaman untuk diajak offroad ringan.

Baca juga :  Pekanbaru Kota Pembuka Edukasi Modifikator Indonesia di Tahun 2020

Suzuki Nex II Crossover memiliki bobot sebesar 94 kg, dan didukung mesin dengan teknologi Suzuki Eco Performance (SEP), 1 silinder 4 langkah SOHC 2 katup, berpendingin udara dengan kapasitas 113 cc injeksi.

Jantung mekanisnya memiliki bore 51 mm dan stroke 55,2 mm dengan klaim tenaga maksimum 9,2 hp di 8.000 rpm dan momen puntir 8,5 Nm di 6.000 rpm. Suzuki mengklaim teknologi yang disematkan membuat motor ini lebih efisien dalam hal pemakaian bahan bakar, namun tetap mampu berakselerasi maksimal.

Terbukti, meski tergolong skutik kecil, tenaga yang dihasilkan cukup mumpuni untuk berkendara harian. Hanya saja putaran bawah terasa sedikit lemot, apalagi ketika melewati jalan menanjak.

Baca juga :  Inilah Para Pemenang Undian Test Drive Suzuki Ertiga

Untuk mensiasatinya, harus sering-sering membuka gas. Tapi tentu saja bakal mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

“Nex II Crossover ini memiliki beberapa fitur yang pertama adalah stang yang naked dan juga spidometer dan kita juga merubah ban dengan tubles dan kembangan ban yang dualpurpose agar motor ini juga dapat di gunakan di jalan raya dan light offroad,” ujar Sutisna Senjaya, Marketing & Logistic 2W Section Head PT SIS.

Baca juga :  Honda X-ADV Dibandrol 400 Jutaan Diperkenalkan di IIMS 2019

Motor matic ini di banderol dengan harga 17 jutaan on the road DKI Jakarta. Nah, Suzuki Nex II Crossover bisa jadi salah satu pertimbangan dan alternatif untuk kalian yang ingin memiliki motor nyaman digeber pada jalur tanah dan aspal. [po/jdl-rst]