JAKARTA – Sejak diluncurkan tahun lalu, generasi anyar Suzuki Jimny langsung menjadi buah bibir. Selain desain legendaris yang dipertahankan oleh Suzuki, tapi All New Jimny juga mendapatkan pembaruan fitur yang semakin meningkatkan performa ketangguhan, kenyamanan, hingga proteksi maksimal untuk konsumen.

Akan tetapi, unit Jimny yang dipasarkan di Indonesia masih dalam bentuk CBU alias belum diporoduksi dalam negeri. Hal ini membuat harga All New Jimny menjadi jauh lebih mahal dengan banderol mulai dari Rp 382,5 untuk varian MT dan Rp 395 Juta untuk varian AT.

Lalu apakah mungkin Suzuki Jimny akan dirakit lokal di Indonesia?

Baca juga :  Terobosan Baru Airbag Honda Guna Tingkatkan Keselamatan

Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Seiji Itayama mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti Jimny akan dirakit lokal. Hanya saja, hal tersebut butuh persetujuan dari Suzuki pusat di Jepang.

“Memang kami selalu pelajari apakah mungkin kita bisa produksi lokal atau tidak. Tapi saya sampaikan bahwa semua strategi kami di indonesia harus disepakati secara global Suzuki,” ujar Seiji Itayama saat perayaan HUT ke-50 Suzuki di Indonesia, Senin (7/12/2020).

Lebih lanjut, Itayama menegaskan kalau saat ini Suzuki Indonesia dengan Suzuki pusat sedang melakukan pembahasan soal kemungkinan tersebut. Menurutnya jika waktunya sudah tepat maka Suzuki Indonesia akan segera memulai produksi Jimny.

Baca juga :  Launching Bersama, Daihatsu Sigra Facelift Harga Lebih Murah dari Calya

“Jadi kalau kita mau produksi tapi tidak ada suport dari Jepang tidak bisa juga. Tapi ini sedang dalam pembahasan dan saat waktunya tepat kami akan mulai (produksi lokal),” sambung Itayama.

Jimny dibekali dengan mesin K15B yang mampu menghasilkan tenaga 102 pada 600 rpm dan torsi 130 pada 4000 rpm sehingga meningkatkan akselerasi dan membantu penghematan bahan bakar.

Jimny pertama kali hadir di Indonesia sejak 1979. Terbukti dengan membukukan penjualan sebanyak 130.334 unit sejak tahun 1979 hingga saat ini.

Baca juga :  Program Pemerintah Terkait Mobil Listrik, Suzuki Miliki Teknologi SHVS

Setiap seri Jimny yang diluncurkan di Indonesia selalu membangkitkan kembali memori yang begitu historis dan fenomenal terhadap mobil legendaris ini. Hal ini pula yang membuat Jimny selalu mendapat apresiasi dari konsumen tanah air. [po/byn]