JEPANG – Teknologi mobil terbang tampaknya semakin mengalami kemajuan, setidaknya ini dibuktikan oleh perusahaan SkyDrive Inc Jepang yang berhasil melakukan uji coba mobil terbang SkyDrive (SD) -03, Jumat (28/8).

Seperti yang terlihat SD-03 memiliki empat buah baling – baling sebagai pendorong utama yang membuatnya melayang di udara 2-4 meter dari tanah.

Tomohiro Fukuzawa selaku CEO SkyDrive Inc seperti dikutip dari The Japan Times, mengatakan, “Ada lebih dari 100 proyek mobil terbang di dunia, hanya segelintir yang berhasil dengan satu orang di dalamnya. Saya berharap banyak orang ingin mengendarainya dan merasa aman.”

Baca juga :  Yuks Intip Varian Striping Baru dari Peugeot Django (Galeri Foto)

Mesin pengerak SkyDrive, tidak seperti yang umum digunakan pada mesin pesawat dan Helicopter, SD-03 mengunakan teknologi Electric Vertical Take-off and Landing (eVTOL) layaknya yang terdapat pada drone.

Saat ini SkyDrive masih dalam tahap pengembangan yang hanya mampu terbang selama 5-10 menit saja. Proyek SkyDrive sendiri berawal dari proyek sukarelawan bernama Cartivator di tahun 2012.

Terdapat beberapa perusahaan besar dalam pengembangan SkyDrive diantaranya, Toyota Motor Corp, Panasonic Corp. dan pengembang video-game Bandai Namco. [Po/Byn]

Baca juga :  Mobil Terkoneksi Internet Berpotensi Jadi Incaran Hacker Iseng