KANADA – Setelah mendapatkan pinjaman Rp 37 Miliar. Perusahaan Start up asal Kanada Damon Motorcycles mengembangkan sistem keselamatan yang disematkan pada motor agar dapat mengetahui kondisi di sekelilingnya.

Berdasarkan hasil data kecelakaan pengendara motor di Kanada, setiap tahunya terjadi 4.000 kecelakaan yang melibatkan motor. Inovasi sistem keselamatan yang dikembangkan oleh Damon ini memungkinkan motor dapat mengenali objek yang berada didekatnya sejauh 360 derajat.

Inovasi sistem ini berkerja berdasarkan arah dan kecepatan motor saat bergerak, sistem akan mendeteksi 64 objek di sekitar motor. Sistem Damon ini bisa menditeksi baik itu objek, mobil, manusia, pohon, tembok dan objek lain yang berpeluang membahayakan pengendara.

Baca juga :  Suzuki Nex II Cross Resmi Meluncur, Dibekali Ban Tahu

Sistem diteksi Damon ini akan memberikan peringatan ke pengedara dalam bentuk getaran yang ditempatkan pada posisi grip atau signal kedipan lampu di windscreen.

Menurut pendiri Damon, Jay Giraud menjelaskan,”sistem mitigasi ini mengandalkan kamera, sensor dan radar yang berada di motor. sehingga sistem bisa menditeksi objek sejauh 360 derajat.”

Namun tidak hanya hanya itu, perangkat ini juga mampu mengumpulkan data secara real time yang dapat disimpan pada cloud milik Damon, data dapat dishare ke pengendara lain yang berada diarea tersebut. Tujuannya tentu agar para pengendara lebih dapat waspada akan kondisi di sekitarnya.

Baca juga :  Suzuki Katana Siap Menjadi Primadona Baru (Galeri Foto)

Sejauh ini, sistem keselamatan komunikasi Damon telah digunakan oleh kepolisian New York City, pihak kepolisian telah meminta Damon untuk memasang perangkat tersebut pada kendaraan oprasional mereka. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *