JAKARTA – Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam mencegah penyebaran Corona, daya beli masyarakat menurun. Di jajaran Honda, dua sepeda motor ini dominan dipilih oleh konsumen.

Keduanya adalah Honda BeAT dan Honda Scoopy. Dua motor matic 110cc ini memberi sumbangan penjualan terbesar yang membuat jualan motor matic Honda mendominasi hingga 85%.

“Setelah sepeda motor matic, di posisi kedua adalah motor sport dengan persentase hampir 8 persen,” ungkap General Manager Sales PT Astra Honda Motor (AHM) Ignatius Didi Kwok.

Baca juga :  PT AHM Resmi Pasarkan Honda Genio di Indonesia

Hal ini diungkapkan Didi pada acara Halal bi halal AHM dengan rekan media yang digelar secara virtual pada Kamis (11/6) di Jakarta. 

Selain Didi hadir pula oleh Executive Vice President Director AHM Johannes Loman dan Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya beserta sejumlah jajaran pimpinan AHM lainnya.

Hingga tiga masa PSBB pandemi Corona, AHM menyatakan saat ini mulai aktif berjualan kembali. AHM juga menyatakan siap memberikan promo terbaik kepada para konsumen di masa susah ini.

Baca juga :  GI-JOE Gelar Bakso Edukasi safety Riding, Lomba Mewarnai Helm Anak di Sukabumi

Disebutkan juga, untuk menghadapi masa sulit ini secara bersama-sama, AHM tidak ada rencana untuk menaikan harga sepeda motornya. “Bagaimana kita mau naikan, kondisi saat ini cukup sulit,” ujar Johannes Loman.

Karena kondisi inilah, AHM akhirnya merevisi target penjualan tahun 2020 dari awalnya 4,6 juta unit menjadi 3 juta. Loman yang juga Ketua Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menyatakan pasar sepeda motor akan turun 40-45%. 

Baca juga :  Honda X-ADV Dibandrol 400 Jutaan Diperkenalkan di IIMS 2019

Diperkirakan di akhir tahun total penjualan sepeda motor Indonesia di angka 3,6-3,9 juta unit. “Angka ini bisa berubah dan naik jika pandemi Covid-19 bisa selesai lebih cepat,” jelas Johannes Loman. [Po/Haz]

Foto: ScoopyBekasiClub