JAKARTA – Inovasi teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang ada di Wuling Almaz RS membuat SUV Tiongkok ini semakin naik level. Secara umum, ADAS berfungsi untuk membantu kerja pengemudi.

Sederhananya, teknologi ini bekerja layaknya asisten pengemudi. Sistem kerja ADAS mengandalkan sensor berupa radar dan kamera resolusi tinggi yang berperan sebagai indera tambahan untuk membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar yang akan diproses oleh sistem sehingga kendaraan memberi respon yang sesuai.

Fitur-fitur ADAS memiliki beberapa syarat dan batasan agar dapat aktif. Oleh karena itu, pengguna Almaz RS sangat perlu mempelajari dan memahami buku manual kendaraan sebelum berkendara. Misalnya, untuk mengaktifkan fitur bantuan jelajah adaptif (adaptive cruise), seluruh pintu harus tertutup rapat, pengemudi harus menggunakan sabuk pengaman, transmisi ada di posisi D, sistem ESC aktif, dan rem parkir tidak aktif.

Baca juga :  Wuling Almaz Siap Jadi Pesaing Ketat SUV APM Jepang

“ADAS bersifat sebagai bantuan, dan tidak menggantikan peran utama pengemudi. Tiap pengemudi harus selalu waspada dan bertanggung jawab terhadap kondisi lalu lintas dan tetap aktif merespon keadaan sekitar,” terang Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/4/2021).

Lalu seberapa akurat teknologi ADAS ini bisa diandalkan? Menanggapi hal ini, Danang menjelaskan bahwa Wuling menjamin akurasi dari ADAS namun tingkat akurasi juga bisa berkurang tergantung situasi sekitar.

Baca juga :  Goodyear Terus Sempurnakan Konsep Ban Pintar

“ADAS ini kan bekerja dengan sensor kamera dan radar. Sebenarnya keduanya adalah hardware yang selama tidak rusak maka dia akan tetap bekerja. Seperti halnya kamera HP yang hasilnya dipengaruhi lingkungan sekitar. Sebagai contoh HP kamera yang sudah lama akan tidak maksimal saat memotret di cahaya yang gelap misalnya,” lanjut Danang.

Begitupun dengan sensor radar yang akurasinya juga bisa terganggu dalam beberapa situasi tertentu. “Fitur ADAS ini cukup reliabel, ada kondisi memang bacaan sensor tidak seakurat biasanya, seperti jalanan berkabut, kondisi hujan deras, dan permukaan jalan yang memantulkan bercahaya,” bebernya.

Baca juga :  Livery "Drive your Ambition" Mejeng di Penerbangan International Garuda Indonesia

Untuk konsumen yang ingin merasakan sensasi langsung mengendarai Wuling Almas RS, Wuling menyediakan unit test drive Almaz RS yang berada di Smart Driving Car Area dekat Pasar Gambir, JIEXPO Kemayoran selama IIMS Hybrid 2021 yang berlangsung hingga tanggal 25 April 2021. [po/Byn]