JAKARTA – Suzuki Hayabusa kembali lahir setelah beberapa tahun lalu sempat disuntik mati oleh Suzuki. Hyperbike ini kembali lagi dengan desain dan teknologi baru yang dirancang khusus untuk memuaskan hasrat penggila kecepatan.

All New Hayabusa menjadi generasi ketiga dalam sejarah Hayabusa. Model ini mendapatkan ubahan yang sangat signifikan, mulai dari tampilan hingga performa yang ditawarkan.

Pengembangan yang dilakukan di generasi ketiga ini mengusung konsep Ultimate Sport yang berorientasi pada aerodinamis dan performa berkendara yang superior.

Baca juga :  Gandeng Mitra Karoseri, Suzuki Hadirkan New Carry Minibus dan Blind Van

Ciri khas Hayabusa masih dipertahankan seperti siluet mengalir, miring ke depan, serta garis-garis tajam nan agresif.

Untuk urusan dapur pacu, motor monster ini mengusung mesin 1.340 cc dengan penambahan teknologi sistem throttle elektronik ride-by-wire dan mekanisme intake dan exhaust yang direvisi untuk meningkatkan output dan torsi. Sayangnya, pihak produsen belum mengumumkan berapa besaran tenaga yang dihasilkan oleh All New Hayabusa.

Adapun sejumlah fitur lainnya yang disematkan seperti Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.) yang baru dipasang memiliki fitur SDMS-α, membantu pengendara memilih pola yang telah diatur sebelumnya pada 5 sistem kontrol elektronik yang berbeda termasuk Power Mode Selector, Traction Control, Engine Brake Control, dan 2 kontrol lainnya.

Baca juga :  Zupiter Z1 Warna & Striping Baru Meluncur, Sporty Modern

S.I.R.S. juga dilengkapi dengan Active Speed Limiter, yang merupakan adaptasi pertama untuk model produksi di industri sepeda motor, memungkinkan pengendara untuk menetapkan batas kecepatan yang tidak boleh dilampaui sepeda dalam keadaan tertentu.

Berbagai pilihan mode berkendaran juga ditawarkan mulai dari city riding hingga touring, balapan, sesuai dengan tingkat keahlian pengendara.

Model ini rencananya akan dipasarkan di seluruh negara. Dimulai dari Pasar Eropa di akhir Februari, kemudian disusul untuk pasar Amerika dan Jepang. Indonesia kapan? [po/rst]