INGGRIS – Perusahaan otomotif asal India TVS Motor Company resmi mengakuisisi produsen motor asal Inggris, Norton. TVS mengucurkan dana sebesar 16 juta poundsterling atau sekitar Rp307,5 Miliar untuk mengambil alih aset-aset milik Norton Motorcycles (U.K.) Limited.

Manuver akuisisi ini membuat posisi TVS dan India semakin diperhitungkan dalam industri otomotif global. Joint Managing Director TVS Motor Company, Sudarshan Venu mengakui akuisisi Norton adalah momen bersejarah bagi TVS Motor Company.

“Norton adalah merek ikonis asal Inggris yang ternama di dunia, serta berpeluang besar untuk memperluas skalanya secara global. Transaksi ini sejalan dengan upaya kami untuk memenuhi aspirasi para pelanggan sepeda motor yang berwawasan luas. Kami akan sepenuhnya mendukung Norton agar mereka sukses di industri sepeda motor internasional,” kata Venu dalam keterangan resminya.

Baca juga :  Honda PCX, Skutik Impian Dari Ajang Honda Dream Ride Project 2019

Meski demikian, dalam skema bisnisnya TVS berjanji akan tetap mempertahankan identitas Norton, serta karakter produk-produk sepeda motor Norton. Produksi motor Norton juga tetap dilakukan di pabrik Inggris.

“Kami mempertahankan identitas khasnya, TVS Motor akan bekerja sama dengan para pelanggan dan pegawai Norton demi membangun kesuksesan dan keunggulan Norton Motorcycles. Kami ingin sama-sama berkembang di pasar dunia dalam beberapa tahun ke depan,” lanjut Sudarshan Venu.

Baca juga :  BMW Segera Rilis R18 Concept dengan Flat Twin Engine Baru

Norton Motorcycles didirikan oleh James Lansdowne Norton, di Birmingham, pada tahun 1898 dan terus berkembang menjadi salah satu merek sepeda motor asal Inggris yang paling terkemuka sepanjang sejarah.

Sejak abad ke-20, Norton Motorcycles dikenal dengan model-model sepeda motor klasik dan mewah, mulai dari model retro classic Commando yang ikonik hingga superbike kontemporer bertenaga 200 bhp dengan mesin V4 1.200 cc. [po/rst]