JAKARTA – Pemegang dua gelar juara dunia F1 yang telah pensiun, Fernando Alonso resmi kembali ke ajang balap jet darat. Alonso bergabung dengan mantan tim yang sudah membesarkan namanya, Renault dan telah meneken kontrak pada Rabu (8/7).

Kehadiran Alonso untuk menggantikan Daniel Ricciardo yang hengkang ke McLaren di musim 2021 mendatang.

Renault sendiri adalah tim yang paling berjasa untuk Alonso. Pasalnya bersama tim inilah Alonso meraih dua titel juara pada musim 2005 dan 2006.

Baca juga :  Pembalap Indonesia Sapu Bersih Podium AP250 ARRC Suzuka 2019

“Renault adalah keluarga saya, kenangan terindah saya di F1 dengan dua titel juara dunia. Ini sumber kebanggaan yang luar biasa dan dengan emosi yang sangat besar saya kembali ke tim,” kata Alonso dikutip dari situs Renault.

Sementara itu, pihak Renault yakin kehadiran Alonso akan mengangkat tim Renault ke papan atas.

“Dia (Alonso) adalah pembalap hebat yang kembali ke F1. Ia memiliki pengalaman lain dan bersedia membangun tim yang sangat dicintainya. Prinsip kerja dan kecerdikan serta DNA Alonso yang ditentukan oleh keuletan dan bakat murni membuat keputusan ini jelas. “

Baca juga :  Alinka & Akbar Rais Bakal Berduet di Intersport World Stage 2018

“Dia akan menjadi aset besar dalam upaya untuk memenangkan kembali gelar dan akan memberi makna pada komitmen Renault ke tingkat tertinggi motorsport,” jelas keterangan resmi Renault F1.

Sebelumnya, Alonso sudah memutuskan pensiun di akhir musim 2018 setelah gagal meraih hasil maksimal bersama McLaren. Namun selepas F1, ia masih aktif berlomba di beberapa cabang balapan berbeda seperti Indy Car, Le Mans, hingga rally dakar.

Baca juga :  Juara Shell Eco-Marathon Drivers World Championship Kunjungi Markas Scuderia Ferrari

Selama berkarir di F1, Alonso tercatat berhasil meraih 32 kemenangan dan 97 podium dari total 314 Grand Prix. [po/rst]