MONACO – LCR Honda akhirnya memilih Takaaki Nakagami menjadi pembalapnya untuk tahun 2021 hingga 2022. Dengan diperpanjangnya kontrak Nakagami, berarti Carl Crutchlow resmi tak akan membalap bersama Honda lagi untuk musim 2021.

Karena slot pembalap di tim Honda sudah full. Di LCR Honda sendiri, Alex Marquez sudah memastikan diri sebagai pembalap yang resmi turun untuk musim 2021.

Sementara di tim pabrikan, selain Marc Marquez, Honda juga sudah mengumumkan mengontrak Pol Espargaro.

Dengan tetapnya Nakagami di LCR Honda membuat, pembalap asal Jepang ini melanjutkan kiprah pembalap Asia satu-satunya di ajang balap MotoGP. Musim 2021,

Melihat data balapnya, Nakagami memang lebih baik performanya ketimbang Crutchlow. Pada musim ini, Nakagami beberapa kali menembus finish lima besar.

Baca juga :  Ketika Suzuki Jimny Disiksa Offroader Nasional Julian Johan

Nakagami juga menempatkan dirinya di peringkat lima klasemen sementara pembalap MotoGP 2020. Dengan mengemas 92 poin, dia menjadi pembalap Honda paling tinggi poinnya hingga balapan kesupuluh MotoGP 2020.

Di bawahnya adalah Alex Marquez di posisi 12 klasemen dengan 67 poin. Lalu Crutchlow yang turun drastiS performnya di tahun 2020 hingga baru mengemas 21 poin dan berada di peringkat 18 pembalap.

Bukan hanya itu, stabilitas Nakagami dalam balapan juga ditunjukkan dengan menjadi satu dari dua pebalap yang belum pernah crash di musim ini. Pembalap lainnya yang belum pernah jatuh adalah Alex Marquez.

Baca juga :  Aleix Espargaro Bertahan di Aprilia Hingga 2022

“Saya berterima kasih kepada Honda atas dukungannya, mengizinkan saya menunjukkan seluruh potensi yang saya miliki musim ini,” kata pembalap 28 tahun ini.

Perpanjangan kontrak ini menjadi motivasi besar bagi Nakagami dalam menjalani sisa musim 2020. “Saya akan melakukan yang terbaik untuk mendapat hasil bagus di sisa balapan musim ini, dan membangun momentum untuk musim depan,” ujarnya.

Direktur Honda Racing Corporation Tetsuhiro Kuwata menyatakan antusiasnya untuk pasangan Takaaki Nakagami dan Alex Marquez di LCR Honda. Dia yakin, keduanya akan menjadi duet tangguh untuk tim yang bermarkas di Monaco ini.

Baca juga :  Valentino Rossi Gabung ke Petronas Yamaha, Kontrak Satu Tahun

Oleh LCR Honda, Nakagami dikontrak selama dua tahun dengan fasilitas motor yang sama dengan Alex Marquez. Sebagaimana diketahui, sebagai pembalap tim satelit, Nakagami masih memakai motor RC213V dengan spek mesin 2019. Sementara pebalap Honda lainnya sudah menunggangi motor dengan spek tahun 2020. [Po/Haz]