JAKARTA – Berkendara menggunakan sepeda motor sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia. Motor menjadi salah satu kendaraan yang diandalkan untuk menjadi alat transportasi.

Sepeda motor memang kendaraan yang dapat mengakali kemacetan dengan dapat mencari jalan pintas. Pasalnya, jalan pintas yang bebas macet seringkali hanya bisa dilalui oleh sepeda motor.

Namun menurut data Korlantas Polri 75 persen kecelakaan lalu lintas di jalan melibatkan sepeda motor. Lantas bagaimana agar berkendara aman dan tidak mudah lelah yang berpotensi menurunkan konsentrasi, perlu diperhatikan postur berkendara yang tepat.

Kenyamanan berkendara yang menyenangkan serta aman akan semakin maksimal jika didukung oleh kendaraan yang tepat dan dalam kondisi baik. Salah satu contoh, saat mengunakan Honda PCX yang baru saja dirilis ke public bulan lalu, kendaraan ini memperhatian kenyamanan posisi duduk saat berkendara.

Baca juga :  F1Z Putih di Dealer Yamaha Bali, Tampil Kinclong Menolak Punah

Skutik besar dengan mesin 160cc eSP+ ini ini menawarkan segitiga ergonomi postur berkendara yang cocok untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh. Berikut beberapa postur berkendara yang nyaman dan menyenangkan  :

1.    Ride on Position

Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stress pada bagian bahu, punggung dan leher. Pada Honda PCX, posisi stang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul membuat tangan bagian depan lebih rileks. Menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan memberikan handling yang nyaman dan maksimal.

Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha, ditunjang dengan design jok yang mampu menyangga dengan baik.

Baca juga :  Bandit Terbaik di Tengah Maraknya Wabah Corona

2.    Leasure Position

Leasure position merupakan posisi dimana kaki dapat berpindah ke bagian depan ketika sedang berkendara, seperti yang ditawarkan oleh Honda PCX terbaru. Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat melakukan perjalanan jarak jauh. Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kita bisa kembali pada posisi Ride On Position.

Menurut Manager Safety Riding AHM Johanes Lucky, postur berkendara yang benar dan nyaman dapat menurunkan potensi terjadinya kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara.

“Dalam berkendara, focus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting. Pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati, tetapi dengan waktu bersamaan juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara dengan sepeda motor. Dengan posisi berkendara yang benar serta kendaraan yang nyaman seperti Honda PCX, riders tetap dapat memperhatikan keselamatan dengan #cari_aman sehingga berkendara akan menjadi lebih aman dan menyenangkan,” ujar Lucky. [Po/Byn]