ABU DHABI – Pirelli dipastikan menjadi suplier resmi ban Formula 1 hingga 2023 setelah memenangkan tender untuk kontrak baru.

Pirelli menyingkirkan pabrikan ban asal Korea Selatan, Hankook dalam persaingan tender. Sebelumnya, Hankook sudah menjadi ban resmi untuk balapan DTM dan F3 Eropa.

Selain Hankook, Michelin juga ikut dalam proses tender, namun pabrikan ban asal Perancis ini mundur karena Formula 1 akan beralih ke pelek 18 inci di musim 2021. Michelin sendiri tidak bersedia memasok ban yang hanya akan dipakai selama satu musim saja.

Baca juga :  Ferrari Menolak Bila Formula 1 Tidak Gunakan Pirelli di Musim 2020

CEO Liberty Media selaku pemegang hak komersial F1, Chase Carey menyambut positif kerjasama baru antara F1 dengan Pirelli.

“Pirelli telah menjadi mitra penting dan berharga bagi Formula 1 sejak 2011. Mereka adalah perusahaan terdepan dalam bidang inovasi dan merupakan brand terkemuka. Kami senang bisa mencapai kata sepakat. Perjanjian ini menjamin masa depan yang stabil untuk salah satu komponen terpenting (ban) di Formula 1,” jelas Carey.

Baca juga :  Pramac Racing Dekati Alex Marquez, Antisipasi Jack Miller Hengkang

Sementara itu, bagi Pirelli kesepakatan baru ini semakin memperpanjang eksistensi Pirelli di Formula 1 menjadi 13 musim pada era modern. Sebelumnya Pirelli juga pernah hadir pada 1950, yang merupakan musim perdana kejuaraan dunia. [PO/Rst]

Leave a Reply

Your email address will not be published.