JAKARTA – Persaingan mobil sport utility vehicle (SUV) semakin beragam, kini tidak hanya mobil merek Jepang, tapi juga dari China yakni Wuling dan DFSK.

Kehadiran Wuling dan DFSK di segmen SUV menjadi pilihan baru bagi masyarakat Indonesia. Selain memiliki tampilan yang berbeda, mobil-mobil asal China juga menawarkan fitur yang tidak kalah dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Mengawali tahun 2019, Wuling menghadirkan jagoan barunya di segmen SUV yakni Wuling Almaz sebagai pesaing Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Fitur yang ditawarkan pada Wuling Almaz tidak main-main, bisa dibilang paling lengkap di kelasnya.

Sebagai mobil SUV, Anda mau pilih mana, Wuling Almaz atau Toyota Rush ? Mari simak perbandingannya.

Desain
Wuling memiliki tampilan depan Bold dan Sporty, Future eyes LED, lampu utama LED Projector. Dari sisi samping Dynamic Pararel Design, Floating Roof Design dan dari sisi belakang Shark fin antena, spoiler dengan high stop mount lamp LED, lampu belakang modern dan ramping, rear combination lamp.

Secara keseluruhan desain New Toyota Rush berubah total dibandingkan sebelumnya, dimana konde untuk menaruh ban cadangan kini dihilangkan.

Grille-nya sekarang berupa empat bilah horizontal yang punya warna krom gelap dan seakan menyatu dengan model lampunya yang menyipit. Sementara melihatnya dari samping, lekukan bodinya dan tarikan garisnya tegas, mengisyaratkan mobil ini punya karakter yang dinamis.

Baca juga :  Wuling Almaz Favorit Test Drive Pengunjung GIIAS 2019

Pada bagian belakang, sudah ada shark fin antena, lampu belakang yang memanjang pada pintu bagasinya yang punya nyala begitu cantik di malam hari.

Mesin
Wuling Almaz dibekali dengan mesin 1.451cc 4 silinder – segaris DOHC, Turbocharged. yang mampu menghasilkan tenaga 140 pada 5.300 rpm dan torsi maksimum 250Nm pada putaran 1600 rpm yang disalurkan melalui transmisi Continuously Variable Transmission with 8-Speed Simulated.

Sedangkan untuk Toyota Rush menggunakan mesin 2NR-VE mesin tersebut juga digunakan pada Toyota Veloz. Data di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 102,5 daya kuda (dk) dan torsi 136 Nm. Mesin mobil dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Jika dibandingkan dengan Wuling Almaz, tenaga dan torsi Wuling Almaz lebih besar dari Toyota Rush.

Fitur
Sebagai pendatang baru di segmen SUV di Tanah Air, fitur Wuling Almaz tergolong lengkap di kelasnya.

Adapun fitur-fitur yang ditawarkan oleh Wuling Almaz seperti Traction Control System (TCS), Auto Vehicle Holding (AVH), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), Anti- lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Baca juga :  Ini Strategi Mitsubishi Demi Pertahankan Singgasana Xpander

Tak hanya itu, Smart Multimedia 10.4” touchscreen yang disempurnakan dengan kehadiran sound system Infinity by Harman juga menawarkan hiburan serta mendukung kemudahan selama berkendara. Rekan media pun berkesempatan untuk mencoba parking challenge dengan mengandalkan fasilitas kamera 360o.

Fitur lainnya yakni Keyless Entry, Keyless Remote, Start-Stop Button, Drive Mode (Eco – Sport),2nd Row USB Port, Audio Steering Switch, Front & Rear Parking sensor, ISOFIX dan Immobilizer, Anti-Theft Alarm, Seat Belt Reminder.

Sedangkan fitur pada New Toyota Rush terbilang masih naggung. Untuk fitur keselamatan, New Rush terbilang paling advance di kelasnya. Sebagai fitur standar di semua tipe, sudah ada 6 buah airbags, Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA).

Selain itu ada juga sabuk pengaman untuk semua penumpang sebanyak tiga titik. Semuanya dilengkapi dengan seatbelt reminder, jadi semua penumpang harus menggunakan sabuk pengaman, kalau tidak dipakai maka alrmnya akan berbunyi dan mengingatkan supaya penumpang menggunakan sabuk pengaman.

Pada fitur hiburan, bagian dashboard sudah ada layar sentuh 7 inci yang bisa digunakan untuk mengakses konten DVD atau musik melalui sambungan konektivitas USB, Bluetooth, iPod/iPhone, dan Miracast.

Baca juga :  Wuling Motors Indonesia Resmi Umumkan Harga Almaz

Dimensi
Untuk Wuling Almaz memiliki dimensi panjang 4.655mm, lebar 1.836mm dan tinggi 1.760mm serta sumbu roda 2.750mm.

Sedangkan dimensi New Toyota Rush lebih panjang 230 mm dibanding versi lawas. New Rush saat ini punya panjang 4.435 mm (sebelumnya 4.420 mm), lebar 1.695 mm (sebelumnya 1.745 mm), tinggi 1.705 mm (1.740 mm).

Harga
Untuk New Toyota Rush di website auto2000 tertulis paling murah New Rush dibanderol Rp243 juta dan paling mahal Rp265 juta. Harga tersebut berstatus on tyhe road.

Sementara untuk Wuling Almaz meski sudah resmi diluncurkan di Indonesia, belum ada banderol harga untuk Wuling Almaz. Bagaimana jika harga Wuling Almaz berkisar antara Rp280 sampai Rp300 juta ? pilih Wuliung Almaz apa Toyota Rush ? [Po/Adhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published.