tim OneSixEight Racing

BOGOR – Dampak dari pandemi virus Corona (Covid-19) yang mewabah, pemerintah melakukan regulasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ini tentunya sangat berdampak pula pada kegiatan dunia olahraga otomotif di Tanah Air.

Dampak pandemi Covid-19 ini, membuat banyaknya kegiatan kompetisi khususnya di dunia balap level nasional maupun Internasional harus dibatalkan atau mengalami penjadwalan ulang.

tim OneSixEight Racing

Akibat dari pembatas PSBB, tentu ini merupakan kesempatan yang cukup baik dan juga memberikan efek positif bagi para pebalap untuk semakin melatih kemampuanya dan selalu menjaga tubuh selalu dalam kondisi prima.

Selalu melakukan latihan rutin. Tujuannya jika kompetisi sudah kembali berlangsung, fisik dan kemampuan akan tetap terjaga.

Hal ini yang mendasari pemilik tim balap supermoto dan motocross Indonesia, OneSixEight Racing Team, Mevans Sanggrama Wijaya untuk memanfaatkan secara maksimal PSBB untuk semakin melatih diri menjadi lebih baik.

Baca juga :  Race Pertama WorldSPP300 Jerez, Galang Finis Posisi Ke-6
tim OneSixEight Racing

Bersama dengan sang istri yang berstatus CEO, Littarahma, OneSixEight Racing Team mengadakan latihan tertutup di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Jumat (17/4/2020).

Dilakukan tertutup sesuai anjuran pemeritah, disebabkan karena pada latihan skill motor ini, tim OneSixEight ingin tetap menjaga aspek physical distancing atau menjaga jarak antar orang untuk mencegah penyebaran virus corona.

Alhasil pada program latihan kali ini, membuat Sirkuit Karting Sentul tidak dapat digunakan secara umum untuk mencegah kerumunan orang.

“Dengan menutup sementara Sirkuit Sentul untuk umum, berarti kurang lebihnya seperti membawa latihan di rumah ke sirkuit. Tim kami sendiri memang gencar mendukung program di rumah saja selama virus corona,” ungkap Mevans saat memberikan komentarnya terkait latihan kali ini, Sabtu (18/4/2020).

Mevans menambahkan pula,”Memang cukup dilematis, disaat on fire mengembangkan skill, di satu sisi terkendala oleh efek horizontal wabah Covid -19.”

Baca juga :  Ini Para Jawara Penggila Balap Honda CBR Race Day Indonesia 2019
tim OneSixEight Racing

Selain itu, terlihat Mevans dan sang istri Littarahma yang bertindak menangani manajemen, sangat serius dalam menyiapkan latihan kali mengingat ajuran pemerintah melarang kegiatan diluar rumah.

Tidak tanggung – tanggung Manajemen OneSixEight Racing Team sampai meminta saran dari tim dokter untuk memastikan jalannya latihan sesuai prosedur.

Selama latihan berlangsung, tiga orang petugas medis yang terdiri dari dokter pribadi Mevans dan seorang dokter OneSixEight Racing Team hadir pada saat latihan. Langkah ini untuk memastikan aspek physical distancing benar-benar terealisasi.

“Secara prosedur sudah benar, tinggal ada penambahan serum vitamin C dan E, selain menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Khususnya untuk setiap crew dan rider yang kebetulan ikut latihan,” ungkap Littarahma saat ikut memberikan keterangan.

tim OneSixEight Racing

Prosedur latihan ini turut dijelaskan kepada manajemen Sirkuit Sentul. Sehingga OneSixEight Racing Team bisa menggelar latihan.

Baca juga :  Pebalap GRT Sukses Raih Podium 2 di Daytona Indoclub Championship 2019

Untuk program latihan skill ini, pembalap menggunakan Yamaha MX King 150, R25 dan Husqvarna FS 450 versi 2020. Untuk tahap pengenalan racing line dan lay out Sirkuit Karting Sentul Kecil, awalnya semua memakai MX King 150.

Setelah adaptasi dan improve didapat pembalap, giliran mereka menggunakan motor R25. “Dari perbedaan dan pembanding performa kuda besi yang lebih kencang ini, pemahaman untuk merubah racing line paling singkat, late braking, sampai rolling speed, lebih mudah kita kembangkan.” tutup Mevans. [Po/byn]