Penyelenggaraan ETCC 2019 Sukses, Mulai Ada Peminat dari Kelas Lain

TANGERANG – Penyelenggaraan balap mobil Eropa bertajuk European Touring Car Championship (ETCC) 2019 terbilang sukses. Selain jumlah peserta yang terus meningkat, persaingan di setiap kelas juga sangat ketat.

Terbukti gelar juara umum harus ditentukan hingga seri terakhir di BSD Grand Prix, Minggu (1/12) kemarin. Titus W Jupra, sebagai salah satu founder ETCC mengatakan seri penutup (Seri 7) di Sirkuit Jalan Raya BSD menjadi seri paling seru.

“Penyelenggaraan tahun ini overall sangat positif. Dibandingkan tahun lalu peserta meningkat. Yang paling seru seri penutup ini, semua peserta ETCC dari 35 starter yang ikut 32 jadi hanya 3 yang absen. Tahun ini juga seru karena poin peserta baik yang 2000 dan 3000 sampai novice cukup ketat, penentuan di seri akhir ini,” ujar Titus, Minggu (1/12) di BSD.

Baca juga :  Musim 2019, MotoGP Punya Regulasi Baru Bagi Pebalap

Titus juga menyoroti balapan ETCC yang terbukti sangat mengutamakan safety. “Terbukti tahun ini tidak banyak accident yang terjadi karena kita selalu utamakan safety, dan terima kasih juga untuk Achilles sebagai sponsor yang menghadirkan ban terbaik sehingga peserta bisa bersaing dengan maksimal,” lanjutnya.

Tak hanya itu, sejak dua seri terakhir ETCC 2019, sudah ada beberapa peserta dari kelas lain yang juga berminat untuk ikut ETCC. Misalnya pembalap yang tampil di balapan OMR BMWCCI.

Baca juga :  Indoclub Championship Seri 4, Balap 2Tak Masih Jadi Seri Pamungkas

“Kebetulan spek mobil peserta BMWCCI itu bisa ikut di ETCC kok. Kalau memang peserta dari BMWCCI mungkin lebih dari 6-7 pembalap, di ETCC nya kita akan bikinin kelas tersendiri. Tidak menutup kemungkinan, karena ETCC selalu welcome selama tidak berbenturan dengan regulasi,” beber Titus.

Ia menambahkan, keuntungan peserta BMWCCI ikutan di ETCC salah satunya adalah menambah jam terbang sehingga bisa mengembangkan skill si pembalap.

“Ya biar terakomodir lah, karena anak-anak BMWCCI kan hanya balap di hari Sabtu aja. Saya udah komunikasi juga dengan beberapa pembalap BMWCCI tapi saya belum bisa komentar apa-apa karena baru belakangan ini aja baru ada minat,” tutupnya. [po/rst]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here