JAKARTA – Memilih pelumas yang tepat untuk kendaraan tidak bisa asal-asalan. Karena kebutuhan paling utama dan mendasar dalam merawat kendaraan adalah penggunaan pelumas atau oli yang berkualitas.

Alasannya adalah karena kualitas pelumas sangat berpengaruh pada performa hingga durabilitas mesin kendaraan Anda. Tak hanya memberikan kinerja terbaik pada mesin, pelumas berkualitas juga mampu mengurangi gesekan, membersihkan mesin, serta mempertahankan stabilitas temperatur mesin sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang optimal sekaligus melindungi mesin.

Bagi kalian yang masih awam dalam memilih pelumas kendaraan, cara paling mudah adalah dengan mencari tahu produk pelumas yang sudah teruji. Apalagi brand tersebut sudah teruji dalam kejuaraan balap dunia.

Pelumas ECSTAR dari Suzuki layak jadi pilihan, pasalnya pelumas ECSTAR memang dikembangkan dari dunia motorsport untuk diaplikasikan ke kendaraan harian.

Baca juga :  Rindu Touring, Berikut Tips Aman dari Biker XSR 155

Di ajang MotoGP sendiri, tim Suzuki ECSTAR sukses mengantarkan Joan Mir dalam merengkuh gelar juara dunia pertamanya pada musim 2020 kemarin. Bahkan di musim ini, Joan Mir bersama rekan setimnya Alex Rins masih menjadi langganan di baris depan MotoGP dan masih berpeluang dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2021.

ECSTAR sendiri telah dikembangkan sejak tahun 1980 di Jepang. Dengan visi menciptakan pelumas dengan performa terbaik di pasar domestik Jepang saat itu, pelumas ini lahir dengan nama “ECSTAR” yang berarti bintang (Star) yang menuntun menuju performa yang menyenangkan (Ecstatic).

Kini di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menawarkan genuine pelumas, ESCTAR khusus untuk mobil yang diluncurkan pada Februari 2020 silam. Varian produk ECSTAR juga dirancang dengan formula yang cocok dan mendukung mesin Suzuki.

Baca juga :  Isuzu Setuju Aturan Pembatasan Usia Truk Barang

“ECSTAR berkembang di sirkuit balap MotoGP bersama tim Suzuki dan telah dikenal secara global. Saat ini kami meluncurkan ECSTAR untuk para pengguna mobil di Indonesia. Kehadiran ECSTAR diharapkan dapat memberikan The Ultimate Performance bagi seluruh konsumen otomotif dan tentunya menjadi bukti nyata komitmen Suzuki untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik di Indonesia,” tutup Seiji Itayama, President Director PT SIM/SIS.

Sementara itu, sejak diluncurkan Februari hingga Mei 2021, pelumas ECSTAR berhasil berkontribusi 9,62% dari total penjualan Suzuki Genuine Oil sejak tahun 2006 hingga 2021.

“Penjualannya didominasi oleh varian 0W-20 SN ukuran 1 liter, kemudian 10W-40 SL ukuran liter, dan 5W-30 SL ukuran 1 liter,” ujar Christiana Yuwantie, Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

ECSTAR 0W–20 SN merupakan oli mesin dengan spesifikasi API Service “SN”. Spesifikasi tersebut merupakan standar kualitas oli tertinggi yang diakui oleh API (American Petroleum Standard).

Baca juga :  Grab Klaim Telah Menghubungkan 2,7 Juta Perjalanan di Bandar Udara Indonesia

Selain varian 0W-20 SN F 9000, Suzuki juga ikut mengenalkan jenis oli semi sintetis, yakni F 7000 dengan spesifikasi 5W-30 SN-GF-5. Serta tiga tipe pelumas transmisi dengan seri ECSTAR ATF AW-1, ECSTAR ATF 3317, dan Gear Oil MT 75W-80 GL-4. Selain itu, guna mendukung pemeliharaan kendaraan, tersedia pula produk chemical ECSTAR Brake Fluid DOT3 dan Long life Coolant 50/50 Pre Mixed. [po/Byn]