THAILAND – Pekan kemarin tiga even balap internasional diikuti para pembalap muda Indonesia di bawah bendera Astra Honda Racing Team. Antara lain, MotoGP, Asia Road Racing Championship serta Thailand Talent Cup (TTC).

Dua event paling atas menenggelamkan cerita pembalap muda binaan Astra Honda Racing School (AHRS) Azryan Dheyo Wahyumaniadi yang berhasil meraih podium ketiga pada race pertama seri kedua TTC 2019 yang diselenggarakan pada hari Sabtu (1/6) di Chang International Circuit, Buriram.

Sedangkan pada race kedua pada hari Minggu (2/6), Dheyo tidak bisa menyelesaikan balapan karena terjatuh. Sementara rekan satu timnya, Herlian Dandi finish di posisi ketujuh setelah bersaing ketat dengan pebalap negara lain.

Memulai start pada posisi pertama, Dheyo bersaing ketat dengan pebalap Vietnam dan tuan rumah Thailand. Berada di grup terdepan yang terdiri dari lima pebalap, pemuda asal Semarang ini dengan Honda NSF250 yang ditungganinya hampir selalu memimpin rombongan selama berlangsungnya balapan.

Memasuki lap terakhir, ambisi tiap pebalap untuk meraih podium semakin tak terbendung, aksi overtakepun tak terhindarkan. Dheyo berhasil menyelesaikan balapan di posisi pertama, namun sayang hasil raceberkata lain. Race directormenilai Dheyo dan pebalap Vietnam melakukan aksi overtake di yellow flagarea sehingga dirinya harus terkena pinalti.

Atas hasil investigasi tersebut, Dheyo harus menerima berada di posisi ketiga pada hasil race pertama. Sementara itu Dandi yang memulai start di posisi ke-12, pada race pertama harus puas untuk finis di posisi ke-12.

Pelajaran berharga di racepertama tentu menjadi motivasi bagi Dheyo dan Dandi saat turun di race kedua (2/6). Start di posisi pertama, Dheyo langsung melesat di jajaran pebalap terdepan.

Situasi racekedua tidak kalah sengit dengan race pertama. Aksi saling menyalip antar pebalap selalu terjadi di setiap tikungan. Namun sayang bagi Dheyo, ketika memasuki lap keempat dirinya bersenggolan dengan pebalap lain sehingga harus terjatuh dan tidak bisa meneruskan jalannya balapan.

Sedangkan Dandi yang start di posisi ke-12, berusaha maksimal memperbaiki performanya dengan mengikuti rombongan. Dandi pun berhasil finishdi posisi ketujuh pada racekedua ini. “Hasil di seri kedua ini menjadi motivasi saya untuk lebih maksimal di seri-seri selanjutnya,” ujar Dheyo.

General Manager Marketing Planning Analysis AHM A. Indraputra mengatakan kedua pebalap binaan AHRS ini dapat menunjukan semangat yang tinggi dalam bersaing dengan pebalap negara lain. Selain itu mereka pun mendapatkan pelajaran berharga dalam mengikuti ajang ini, sebagai bekal balap mereka di kemudian hari.

Ajang balap Thailand Talent Cup 2019 diselenggarakan sebanyak tujuh seri dan diikuti oleh pebalap muda dengan rentang usia 12 hingga 22 tahun.

Para pembalap berasal dari Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan India. Berikutnya Thailand Talent Cup seri ketiga akan digelar pada 13-14 Juli 2019di Chang International Circuit, Buriram. [PO/Haz]

Baca juga :  Valentino Rossi Masih Mampu Naik Podium di Usia 41 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published.