TANGERANG – Meski kenyang pengalaman berkendara, hingga touring ke luar kota, tak menyurutkan tekad sebanyak 35 bikers Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Tangerang Chapter menggali ilmu safety riding.

Minggu (24/03/2019) bikers dengan semangat mengikuti pelatihan safety riding yang diberikan oleh Main Dealer Motor Honda Jakarta-Tangerang PT. Wahana Makmur Sejati.

Betul saja, pada pelatihan yang dilaksanakan di base camp safety riding Wahana Jatake Tangerang, banyak ilmu berkendara yang belum mereka pahami selama ini. Antara lain, bagaimana teknik pengereman yang benar dan aturan berkendara dalam jumlah banyak.

Baca juga :  Honda Sport Motoshow 2019, Menyapa Warga di Jakarta Timur

Secara keseluruhan, pelatihan diberikan mulai dari materi yang berisi tentang cara berkendara yang aman dan etika berlalu lintas. Serta diberikan juga materi mengenai tata cara touring yang aman dan tidak mengganggu pengguna jalan lain. 

Materi ini sangat penting sekali dipahami bagi anggota komunitas saat melakukan touring atau perjalanan ke luar kota dalam rombongan banyak. Karena dalam rombongan bikers harus mengatur kecepatan agar anggota di belakang tidak tertinggal.

Praktek berkendara pun harus mereka coba walaupun sudah sering melakukan touring. Menurut beberapa anggota, teknik berkendara yang dilakukannya selama ini ternyata salah, seperti pada saat mencoba praktek pengereman.

Baca juga :  Enduro Motorbaik Adventure Telah Singgah di Pulau Komodo

Dengan semangat pagi, meskipun cuaca yang sangat panas tak menyurutkan anggota HPCI Tangerang Chapter untuk terus mengasah teknik berkendaranya dalam hal konsentrasi dalam berkendara dan melatih keseimbangan dengan melewati papan titian. 

Banyak peserta yang terus mencoba, karena memang susah ketika harus berjalan stabil dalam kecepatan rendah. Latihan itu dimaksudkan untuk melatih keseimbangan kita dalam mengendarai motor ketika dalam kondisi jalan macet.

Baca juga :  Bencana Asap di Riau, Bikers Urang Minang Bagi-Bagi Masker

“Dengan diadakannya safety riding ini, kami menjadi tahu cara menjadi pengendara yang bertanggung jawab atas keselamatan pribadi, tidak terlibat dalam kecelakaan, menghormati sesama pengguna jalan, dan disiplin berlalu lintas,” ujar Ketua HPCI Tangerang Chapter Bro Sandi. [PO/Dery]

Leave a Reply

Your email address will not be published.