QATAR – Kabar buruk pembatalan MotoGP Qatar menuai kekecewaan bagi sejumlah pembalap yang sudah bersiap-siap menyambut seri perdana musim 2020. Yang paling kecewa, tentu saja para rookie MotoGP 2020.

Pihak ororitas Qatar bersama penyelenggara MotoGP akhirnya mengambil langkah aman terkait virus Corona yang tengah menyerang sejumlah negara. Membatalkan MotoGP Qatar 2020. 

Di sirkuit Losail besok hanya akan ada balapan Moto2 dan Moto3, di mana para peserta telah berada di Qatar saat ini.

Baca juga :  Seri Balap Slalom BSNC akan Hadir di Kota Bandung dan Surabaya

Qatar memberlakukan aturan ketat bagi pendatang asing dari sejumlah negara, khususnya Jepang dan Italia. Pendatang jaris dikarantina selama 14 hari yang membuat para pembalap dan crew tak bisa beraksi pada 8 Maret.

Para pembalap rookie pantas terpukul. Pasalnya mereka gagal menikmati debutnya di kelas utama setelah sebelumnya membalap di Moto2. 

Mereka adalah Alex Marquez yang menjadi juara dunia Moto2 tahun 2019, lalu sang runner-up Brad Binder dan the rising star Iker Lecuona. 

Baca juga :  Hamilton Menangi GP Monaco, Verstappen Kena Pinalti, Leclerc Gagal Finish

Alex menyatakan kecewa karena melewati minggi ini tanpa adanya GP Qatar. “Saya amat menantikan bisa debut di MotoGP Qatar . Tapi kita semua harus menunggu,” tulis Alex di medsosnya.

Binder pun bernada sama. “Sangat sedih karena balapan pertama tahun ini di Qatar dibatalkan. Saya sangat bersamangat melakukan balapan pertama saya. Tetap berhati-hati dan sehat selalu semua,” ungkap Brad Binder di medsos pribadinya.

Bisa jadi kekecewaan mereka bakal panjang. Karena kemungkinan besar MotoGP Thailand juga bakal mengalami penundaan dari jadwal semula pada 22 Maret. Dan mereka kemungkinan besar baru akan menikmati balapan pertama di MotoGP Americas yang akan digelar pada 5 April 2020. [Po/Haz]