Camel Trophy Sumatra Tribute 2020

JAKARTA – Komunitas Land Rover Club Indonesia (LRCI) di akhir tahun ini akan menggelar perayaan 40 tahun Camel Trophy Sumatra Tribute 2020. Kegiatan ini merupakan napak tilas Camel Trophy yang pernah berlangsung di Indonesia.

Seperti diketahui, kehadiran Camel Trophy di Tanah Air telah ada sejak tahun 1982, yang saat itu pertama kali diselenggarakan di pulau Sumatra, Kalimantan 1985 dan 1996, serta Sulawesi di tahun 1988.

Camel Trophy Sumatra Tribute 2020

Dr Firman Bakar, selaku Ketua Umum LRCI saat konferensi pers di Jakarta, Sabtu (22/2) di Jakarta mengatakan, “Indonesia adalah tuan rumah Camel Trophy pada empat kesempatan terpisah. Tapi sayangnya tidak pernah ada peserta dari Indonesia. Oleh karena itu, kali ini kami menggelar untuk merayakan 40 tahun Camel Trophy.”

Baca juga :  Sunmori Berilmu, Bikers PCX Belajar Busi di Pabrik NGK

Camel Trophy Sumatra Tribune 2020 yang berlangsung pada 5 – 20 Desember, akan mengawali rute perjalanan dari kota Jambi menuju kota Berastagi. Para peserta akan menempuh jarak hingga 1.600 km dengan waktu selama 16 hari.

Camel Trophy Sumatra Tribute 2020

“Rute dipertahankan mengikuti jalur asli dari Camel Trophy 1980, jarak tempuh 1.600 km selama sekitar 16 hari,” ungkap Syamsu Setiabudi, Route and Trip Coordinator LRCI.

Dibagi menjadi dua leg, peserta juga dapat memilih rute perjalanan yang dianggap paling sesuai dengan keinginan dan kemampuan, yang terdiri dari jalur offroad dan onroad.

Baca juga :  Test Ride: Kawasaki KLX 230, Asik Buat Onroad dan Offroad
Camel Trophy Sumatra Tribute 2020

“Perjalanan Sumatra Tribute 2020 akan dibagi menjadi dua leg, dimana leg pertama dimulai dari kota Jambi menuju kota Bangkinang, Riau,” tambah Syamsu Setiabudi.

Namun bagi para peserta yang akan mengambil jalur offroad, pihak penyelengara hanya akan membatasi sebanyak 40 Land Rover dengan varian bebas yang dapat melalui jalur offroad ini.

Camel Trophy Sumatra Tribute 2020

Selain itu, peserta di jalur offroad juga diwajibkan untuk mengecat mobilnya dengan warna khas Camel Trophy, yakni Sandglow berikut terdapat perangkat pendukung seperti roof rack, bulbar, rollbar, dan snorkel serta perlengkapan penunjang perjalanan.

Tidak diperbolehkan bagi peserta di jalur offroad untuk menggunakan roof tent atau side awing, perlengkapan ini hanya diperbolehkan bagi para peserta yang mengambil jalur onroad.

Baca juga :  5 Tahun Kutu Community: Semangat Kemerdekaan Jauhkan Perbedaan
Camel Trophy Sumatra Tribute 2020

Pihak penyelengara Camel Trophy Sumatra Tribute 2020 dari pihak LCRI juga akan mengadakan pra-event di beberapa lokasi ruang publik, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengedukasi dan sebagai one day off road driving experience. [Po/Sny]