JAKARTA – Banyak orang yang merawat Vespa tua karena memang hobby. Tidak sedikit pula sebuah Vespa lawas memiliki sejarah yang membuat harganya kadang tak masuk akal.

Beberapa waktu lalu, redaksi berkesempatan menemukan sebuah Vespa yang cukup bersejarah, yakni Vespa Super tahun 1979 edisi ulang tahun Jakarta ke-450.

Vespa ini sudah menggunakan CDI untuk pengapiannya dengan ciri khas ekslusif yakni emblem HUT Jakarta ke-450 yang terbuat dari kuningan. Sang pemilik, Guteng mengaku mendapatkan Vespa Super ini sudah dalam kondisi restorasi, sehingga ia tidak perlu banyak melakukan perbaikan.

Baca juga :  Kepastian Suzuki Saluto Masuk Indonesia Masih Tanda Tanya

“Sebelum dapetin motor ini saya cari vespa VBB tapi nggak ada yang cocok barangnya. Nah terus temen nawarin Vespa Super ini, awalnya nggak tertarik sama kelangkaanya, saya malah tertarik dengan restorasinya. Pas saya beli sudah tinggal ngegas aja nggak perlu banyak dandan,” ujar Guteng, sang pemilik.

Saking sayangnya dengan koleksi tersebut, pria yang hobby mengoleksi burung ‘love bird’ itu mengaku tidak pernah mengendarai Vespa Super miliknya untuk touring melainkan hanya dipakai untuk sekedar kopdar.

Baca juga :  Yamaha Lexi - Best Skutik 125 cc yang Semakin Diakui

“Motor ini belum pernah dipakai touring karena saya sibuk di warung, tapi kalau kopdar sama anak-anak komunitas Vespa sih sering,” beber Guteng.

Sebagai tambahan informasi, Vespa Super edisi HUT Jakarta ke-450 ini hanya diproduksi sebanyak 100 unit oleh PT Danmotor Indonesia, dan diluncurkan pada saat Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun 1979 oleh Gubernur DKI kala itu Letnan Jenderal TNI (Purn) Tjokropranolo atau yang akrab disapa Bang Nolly. [po/jdl-rst]