JAKARTA – Gelaran MXGP of Indonesia 2022 dipastikan bakal diselenggarakan di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 24- 26 Juni 2022 mendatang. 

Kick off MXGP Indonesia dihadiri oleh oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah selaku tuan rumah MXGP of Indonesia 2022, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Bapak Bambang Soesatyo selaku pengawas pelaksana Racing Committee, dan beberapa stakeholders penyelenggara MXGP of Indonesia 2022.

Tahun ini MXGP kembali ke Indonesia setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19. Terakhir Indonesia menggelar MXGP tahun 2019 silam di Palembang dan Semarang.

Perjalanan MXGP di Indonesia dimulai tahun 2017 di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka

Baca juga :  Pembalap TTI, Demas Agil Tembus 5 Besar di Sirkuit Fuji

Belitung, dan menjadi tolok ukur olahraga motocross di Indonesia dengan animo pembalap yang semakin besar dan minat penonton yang terus bertambah setiap tahunnya.

Sumbawa sebagai tuan rumah penyelenggaraan MXGP of Indonesia 2022 giat mempersiapkan diri dari sisi fasilitas infastruktur maupun logistik, dengan dukungan penuh dari para stakeholders penyelenggara , masyarakat Sumbawa dan penggiat otomotif di Indonesia.

Alasan pemilihan lokasi di Samota, Sumbawa karena daerah ini merupakan integrasi dari 3 kawasan indah yang cukup popular di dunia (Saleh, Moyo, Tambora). MXGP diharapkan menjadi Entry Point untuk Samota agar dapat lebih dikenal dunia.

Baca juga :  Silaturahmi Ala Mantan Crosser Era 70 - 80an

“Saya lihat keberhasilan di MotoGP Mandalika kemarin, kita ingin bawa event MXGP ini ke Sumbawa. Dahulu Sumabawa pernah mengguncang dunia lewat gunung Tambora,” ujar Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, saat jumpa pers MXGP Of Indonesia 2022, Kamis 19 Mei 2022.

Rombongan MXGP akan tiba di Indonesia sepekan sebelum acara berlangsung dan pembangunan sirkuit di Samota dijadwalkan selesai awal Juni 2022, dilanjutkan dengan persiapan logistik balap dan beragam acara pendukung.

Persiapan perhelatan dmulai awal 2022 oleh STI sebegai kontraktor MXGP of Indonesia dengan Infront selaku pemegang hak pelaksanaan MXGP di dunia. Sumbawa menjadi pilihan utama dengan daya tarik keindahan alam dan sumber daya yang disiapkan selama 4 bulan terakhir, dengan SEG sebagai pelaksana persiapan di lapangan.

Baca juga :  Pebalap AHRT Indonesia Siap Berlaga di CEV MotorLand Aragon

Penyelenggara menargetkan 75.000 orang penonton menghadiri perhelatan selama 3 hari di Samota dengan beragam acara pendukung MXGP of Indonesia 2022. Tiket akan dijual dengan berbagai pilihan yang akan diumumkan pekan depan.