AUSTRIA – MotoGP Styria yang berlangsung Minggu (23/8/2020) menyajikan tontonan menarik dari awal race hingga akhir balapan.

Diluar prediksi, rider KTM Tech3 asal Portugal Miguel Oliveira akhirnya keluar sebagai pemenang setelah menjalani drama seru di lap terakhir dan tikungan terakhir Sirkuit Red Bull Ring.

Saat semua orang menebak pemenang Styria adalah antara Miller dan Pol Espargaro, tikungan terakhir menjadi saksi kecerdikan Miguel Oliveira yang mencuri keuntungan dari persaingan Miller vs Pol Espargaro di baris depan.

Dengan cerdik, Oliveira yang tadinya berada di urutan ketiga langsung menyalip dua pembalap sekaligus untuk mengunci posisi pertama disusul Jack Miller dan Pol Espargaro.

Baca juga :  Kalender Resmi Formula 1 2019

Hasil ini juga membuat Oliveira mencatat sejarah sebagai rider Portugal pertama yang berhasil menjuarai seri MotoGP. Semakin lengkap, Oliveira juga berhak mendapat hadiah dari sponsor utama MotoGP Styria yakni satu unit BMW M4 generasi terbaru.

“Saya sangat emosional, saya tak bisa berkata-kata. Terima kasih kepada semua orang yang percaya pada saya, keluarga, sponsor dan semuanya. Hari ini adalah sejarah,” kata Oliveira.

Sementara itu, nasib kurang beruntung justru dialami rider Suzuki, Joan Mir. Joan Mir awalnya tampil impresif sejak lepas start. Bahkan hingga pertengahan lomba, Mir unggul jauh dari para kompetitor.

Baca juga :  Tampil dengan Livery Retro, Suzuki Resmikan Tim Ecstar MotoGP 2020

Namun tidak ada yang menyangka saat balapan menyisakan 12 lap lagi, Vinales mengalami insiden, ia menjatuhkan diri dari motornya yang terus melaju menabrak pembatas sirkuit dan terbakar. Hal ini membuat race director tidak mengibarkan bendera merah sehingga balapan dihentikan.

Setelah puing-puing motor Vinales dibersihkan dan pembatas sirkuit diganti dengan yang baru, balapan kembali di mulai. Saat balapan start ulang, jalannya balapan justru sudah tidak berpihak pada Mir.

Baca juga :  Alex Marquez Menangi Balapan Video Game, Marc Marquez ke-5

Joan Mir akhirnya harus puas di posisi keempat, kemudian Dovi kelima dan Alex Rins keenam. Sedangkan the doctor Valentino Rossi hanya mampu menyudahi balapan di posisi kesembilan.

Hasil MotoGP Styria 2020:

1Miguel OliveiraPORRed Bull KTM Tech3 (RC16)
2Jack MillerAUSPramac Ducati (GP20)
3Pol EspargaroSPARed Bull KTM Factory (RC16)
4Joan MirSPASuzuki Ecstar (GSX-RR)
5Andrea DoviziosoITADucati Team (GP20)
6Alex RinsSPASuzuki Ecstar (GSX-RR)
7Takaaki NakagamiJPNLCR Honda (RC213V)
8Brad BinderRSARed Bull KTM Factory (RC16)
9Valentino RossiITAMonster Yamaha (YZR-M1)
10Iker LecuonaSPARed Bull KTM Tech3 (RC16)
11Danilo PetrucciITADucati Team (GP20)
12Aleix EspargaroITAFactory Aprilia Gresini (RS-GP)
13Fabio QuartararoFRAPetronas Yamaha (YZR-M1)
14Johann ZarcoFRAReale Avintia Ducati (GP19)
15Franco MorbidelliITAPetronas Yamaha (YZR-M1)
16Alex MarquezSPARepsol Honda (RC213V)
17Cal CrutchlowGBRLCR Honda (RC213V)
18Stefan BradlGERRepsol Honda (RC213V)
19Bradley SmithGBRFactory Aprilia Gresini (RS-GP)
20Michele PirroITADucati Team (GP20)
21Tito RabatSPAReale Avintia Ducati (GP19)
 Maverick ViƱalesSPAMonster Yamaha (YZR-M1)