ITALIA – MotoGP seri ke-6 di San Marino yang digelar di Sirkuit Misano, Minggu (13/9/2020), membuahkan hasil yang beragam. Pembalap Petronas SRT Franco Morbidelli berhasil menjadi juara.

Kemenangan ini menorehkan prestasi terbesar bagi pembalap asal Italia ini, karena ini menjadi juara MotoGP perdananya setelah tiga tahun naik kasta membalap di kelas utama.

Kali ini nasib sial menjadi milik pembalap Petronas SRT lainnya, Fabio Quartararo. Juara dua seri awal MotoGP ini mengalami jatuh hingga dua kali. Jatuh yang kedua membuatnya gagal melanjutkan lomba.

Baca juga :  Marc Marquez Masih Absen di Aragon, Alex Marquez Kembali jadi Tumpuan

Dengan nihil penambahan nilai, posisi puncak di klasemen sementara pembalap yang sebelumnya dikuasai Quartararo kali ini menjadi milik Andrea Dovizioso (Ducati). Di San Marno Dovi menambah sembilan poin berkat finis di posisi ketujuh.

Kini Dovi mengumpulkan 76 poin, sementara Quartararo bertahan dengan 70 pin. Dengan beragamnya pemenang di MotoGP seri 2020 membuat jarak poin para pembalap begitu berdekatan. Di belakang Quartararo menempel ketat adalah pebalap Pramac Ducati, Jack Miller dengan 64 poin.

Baca juga :  Saat Kapan Pembalap MotoGP Tes Top Speed?

Morbidelli Perkasa

Di San Marino, Morbideli menunjukkan dominasinya. Setelah merebut posisi pertama dari Maverick Vinales, Morbidelli sukses bertahan di depan hingga akhir. Dia bahkan menyelesaikan balapan dengan jarak dua detik lebih.

Nasib kurang bagus dialami Valentino Rossi. Sejak awal, dia menempel Morbidelli. Namun menjelang akhir balapan, posisi keduanya ditelikung oleh Francesco Bagnaia (Pramac Ducati). Bahkan menjelang finish, Rossi digasak oleh pembalap Suzuki, Joan Mir. Sang legenda akhirnya harus puas berada di posisi keempat. [Po/Amr]