INGGRIS – Keangkeran Sirkuit Silverstone kembali berlanjut bagi Marc Marquez. Untuk kesekian kalinya, pembalap Repsol Honda ini gagal juara di seri Inggris yang digelar di sikuit ini sejak tahun 2010. Kali ini gelar juaranya dicuri Alex Rins.

Ya, bagaimana tidak, Marquez yang amat dominan sejak lap awal hingga menjelang akhir balapan harus menerima kekalahan. Hanya dalam waktu sempit, Alex Rins berhasil menelikung dan menempatkan ujung ban depannya sedikit dari pada motor Marquez.

Alex Rin dengan motor Suzuki GSX-R menyudahi balapan dengan waktu 40 menit 12,799 detik. Catatan ini unggul sangat tipis dari Marquez dengan 0,013 detik saja. Sementara posisi ketiga diraih pembalap Yamaha Monster Energy, Maverick Vinales.

Kalah hanya beberapa saat di ujung balapan, menjadi dua kali beruntun bagi Marquez. Pada seri sebelumnya di Austria, Marquez juga gagal juara karena disikat Andrea Dovizioso menjelang finish di tikungan terakhir Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

MotoGP Inggris terasa agak hambar setelah dua jagoan di garis depan harus keluar arena lebih cepat. Insiden di awal balap ini dimulai dengan terjatuhnya pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo di tikungan pertama.

Motor Quartararo yang melintang tak kuasa dihindari pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Hantaman hebat pun terjadi. Ducati Dovi langsung ngetril, jatuh menghantam aspal terseret ke luar arena hingga terbakar.

Sementara Dovizioso terjungkal ke udara dengan punggung jatuh lebih dulu. Kecelakaan ini cukup fatal bagi pembalap asal Italia ini. Hingga balapan berakhir, nasib pengejar utama Marquez ini belum diketahui.

Pada akhirnya balapan berlangsung kurang seru. Alex Rin berhasil mempecundangi Valentino Rossi hingga menempel Marquez dengan ketat, utamanya setelah 19 putaran berlalu. Begitu pula dengan Vinales yang sukses melewati rekan satu timnya itu dan mempertahankan posisi tiga besar.

Rossi haris puas finish di posisi empat. Melengkapi lima besar adalah pembalap Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli. Sementara rider tuan rumah Cal Crutchlow dari LCR Honda menempati posisi enam. MotoGP selanjutnya akan digelar Minggu (15/9) di MotoGP San Marino. [PO/Haz]

Hasil MotoGP Inggris 2019:

Baca juga :  Hasil MotoGP Jerman, Marquez Genapi Kemenangan Ke-10

Leave a Reply

Your email address will not be published.