JAKARTA – Berita menggelegar datang dari MotoGP. Salah satu pembalap legendanya, Valentino Rossi mengumumkan pensiun dari MotoGP.

Pada usia yang ke-42, Rossi merasa perlu menyudahi karir gemilang di ajang balap terakbar di dunia ini. Total selama 26 tahun di ajang ini, Rossi telah mengumpulkan 9 gelar juara dunia.

Gelar tersebut diperolehnya sekali di kelas 125 cc, sekali di kelas 250 cc, dan 7 kali di kelas 500 cc/MotoGP. Sepanjang karirnya, Valentino Rossi sudah meraih 89 kemenangan dan 199 podium.

Pengumuman Valentino Rossi pensiun ini disampaikan langsung oleh The Doctor menjelang MotoGP Styria, Kamis (5/8/2021).

Baca juga :  Marc Marquez Bikin Bandung Membara

“Saya sudah memutuskan untuk berhenti di akhir musim ini, jadi ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pebalap MotoGP,” ujar Rossi dikutip dari situs resmi MotoGP.

Pengumuman Valentino Rossi pensiun ini disambut dengan sedih oleh para penggemar balap. Pasalnya, lebih dari dua dekade Rossi telah menghadirkan hiburan balap untuk penonton di seluruh dunia.

Rossi akhirnya berdamai dengan kenyataan. karena sejak lima tahun belakangan sinar The Doctor telah meredup. Di musim 2021 berbaju tim satelit Petronas Yamaha SRT, Rossi semakin sulit menembus pembalap elit saat ini.

Dari 9 balapan yang sudah dilalui, Rossi belum pernah finis di atas peringkat 10. Di klasemen sementara MotoGP 2021, dia baru mengumpulkan 17 poin menemptai posisi 12 dari 24 pembalap MotoGP.

Baca juga :  Mobil Prototipe Mazda Berhasil Catatkan Rekor di Sirkuit Daytona

Valentino Rossi pensiun diakui pembalap nyentrik ini sebagai momen berat dalam karirnya. “Ini momen yang menyedihkan, sebab sulit untuk memahami dan bilang bahwa musim depan saya tak akan membalap motor lagi,” ungkapnya.

Meski begitu, Rossi masih amat bersyukur atas pencapaiannya selama puluhan tahun di dunia balap. Selama kurang lebih 30 tahun, dia telah meraih banyak hal.

‚ÄúTahun depan kehidupan saya akan berubah, tapi semua yang saya lalui luar biasa. Saya amat menikmatinya, sebuah perjalanan yang amat panjang. Lucu, 25-26 tahun di kejuaraan dunia, itu luar biasa,” jelasnya.

Baca juga :  MotoGP Belanda Ikutan Ditunda, Finlandia jadi Seri Pembuka?

Valentino Rossi pensiun dari MotoGP memang menyedihkan. Namun, dia bakal mengisi slot pembalap berkelas dari tim balapnya bernama, Sky VR46 Avintia dan Sky Racing VR46. Selamat pensiun Rossi!