JAKARTA – Tahun 2020 ini Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan hari jadinya yang ke-50. Berdiri pada tahun 1970, MMC didirikan oleh Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. yang kemudian divisi otomotifnya berubah menjadi MMC di awal operasinya. Mitsubishi Heavy Industries pun memindahkan sebagian pabriknya ke MMC. 

“Berdasarkan fakta sejarah itu, MMC memulai lembaran baru sebagai produsen otomotif kendaraan Mitsubishi Motors yang eksis hingga sekarang ini dan produknya telah dipercayai di seluruh dunia. Dalam kurun waktu 50 tahun, Mitsubishi Motors telah menghasilkan berbagai mobil legendaris dan juga mobil-mobil berteknologi tinggi di eranya,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Berikut ini beberapa mobil-mobil Mitsubishi terbaik yang hadir dalam lima dekade terakhir dan menjadi mobil bersejarah bagi Mitsubishi Motors. 

Dekade 1970-an

Tidak banyak yang tahu jika Mitsubishi Motors pernah ikut serta dalam ajang balap Formula. Padahal di era 1970-an ini Mitsubishi sudah ikut serta dalam ajang balap perdana Japan Grand Prix dengan mobil Colt F2000. Pada saat itu, ajang balap Formula sangat kompetitif di Jepang, dan Mitsubishi Colt F2000 yang mengaplikasikan teknologi pesawat terbang pada F2000 berhasil menjadi juara hingga lima kali.

Era ini mengawali sejarah Mitsubishi di ajang balap hingga sekarang. Tidak hanya di balap Formula, tapi juga di ajang reli lewat Mitsubishi Galant GTO dan juga Lancer 1600GSR yang berhasil juara di ajang Southern Cross Rally dan WRC Safari Rally. Inilah cikal bakal lahirnya mobil sedan Mitsubishi yang paling fenomenal, yaitu Galant dan Lancer. 

Baca juga :  Faktor Lebaran Mendongkrak Penjualan Mitsubishi di IIMS 2019

Dekade 1980-an

Di era ini, Mitsubishi Motors mulai mengembangkan mobil SUV. Pada awalnya Mitsubishi Motors sendiri sudah punya kesepakatan dengan pabrikan Amerika yaitu Willys. Namun kesepakatan ini membuat Mitsubishi Motors tidak bisa mengekspor mobil berpenggerak empat roda, sementara permintaan akan mobil ini semakin meningkat.

Akhirnya dari sini, Mitsubishi Motors pun melahirkan SUV legendarisnya yaitu Pajero dengan penggerak empat roda yang dikembangkan sendiri. Awalnya Pajero ini hadir dengan versi bodi pendek dengan 3 pintu dan beratap kanvas serta metal. Baru di tahun 1983, lahir Pajero berbodi panjang dan diterima dengan baik oleh konsumen Mitsubishi. 

Ketangguhan Mitsubishi Pajero pun diuji di ajang balap reli Paris-Dakar yang merupakan balapan paling berat di dunia. Pada 1985, Pajero berhasil meraih juara dunia di Paris-Dakar hingga 12 kali setelahnya. Sejak saat itu, Mitsubishi Pajero menjadi SUV legendaris di seluruh dunia. 

Baca juga :  Hari ke-4 GIIAS 2019, Mitsubishi Bukukan 1000 SPK

Dekade 1990-an

Pada era 1990-an ini, Mitsubishi Motors melahirkan banyak mobil yang cukup fenomenal. Mulai dari mobil sport coupe, seperti Mitsubishi Eclipse yang diproduksi setir kiri untuk pasar Amerika, hingga Mitsubishi GTO yang berpenggerak empat roda.

Tidak ketinggalan, di era 1990-an ini juga Mitsubishi melahirkan mobil reli yang mengguncang ajang WRC yaitu Lancer Evolution. Mobil sedan empat pintu ini diproduksi sebagai kendaraan massal sebagai syarat untuk bisa ikut serta dalam ajang reli WRC. Hingga akhir 1990-an, tercatat ada enam generasi Lancer Evolution yang diproduksi oleh MMC. 

Dekade 2000-an

Menyambut era milenium atau era 2000-an, Mitsubishi Motors masih berkutat dengan mobil sedan Lancer Evolution hingga Evo X yang menjadi edisi pamungkasnya. Tapi dibalik itu, Mitsubishi Motors juga melahirkan beberapa mobil penumpang yang dijual di negara-negara lain. 

Seperti mobil keluarga atau MPV Mitsubishi Grandis yang juga sempat hadir di Indonesia. Grandis ini merupakan MPV lanjutan dari Mitsubishi Chariot yang hadir di era tahun 1990-an. Kemudian di dekade 2000-an ini juga Mitsubishi Motors mulai memproduksi Mitsubishi Triton generasi keduanya di Thailand.

Di mana Mitsubishi Triton generasi ini juga dihadirkan ke Indonesia, dan kemudian lahirlah SUV Mitsubishi Pajero Sport yang mengambil basis dari Triton. Sejak saat itu Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua ini pun menjadi mobil SUV andalan Mitsubishi Motors di Indonesia. 

Baca juga :  GMC Hummer EV, Mobil Listrik dengan Tenaga 1000 Hp

Dekade 2010-an

Ini merupakan era di mana Mitsubishi Motors juga banyak mencatat sejarah terutama di segmen kendaraan penumpang. Karena di era ini, Mitsubishi Motors berhasil dan sukses melahirkan Mitsubishi Xpander dan juga Xpander Cross.

Mitsubishi Xpander menjadi kendaraan yang fenomenal di Indonesia dan juga negara-negara ASEAN lainnya. Selain laris manis, Mitsubishi Xpander juga menjadi penyumbang pundi-pundi Mitsubishi Motors tertinggi dalam sejarah. 

Selain itu di era ini pula, Mitsubishi Motors menghadirkan mobil ramah lingkungan berbasis SUV pertama di dunia, yaitu Outlander PHEV. Mobil plug-in hybrid ini pun mendapat sambutan baik di Eropa. Kemudian juga lahir mobil crossover pertama Mitsubishi Motors yaitu Eclipse Cross yang memiliki teknologi canggih dari Mitsubishi. Baik Outlander PHEV dan Eclipse Cross mendapatkan sambutan yang baik bagi masyarakat Indonesia. [po/rst]