JAKARTA – Sejak memperkenalkan RX 400h pada tahun 2005, Lexus memulai perjalanan menuju elektrifikasi dengan merancang kendaraan mewah yang dinamis, efisien, dan tangguh melalui Lexus Hybrid Drive.

Kali ini, Lexus Indonesia memperkenalkan The First-ever Lexus UX 300e, sebuah Compact Luxury Crossover SUV dengan mesin full listrik atau battery electric vehicle (BEV) yang pertama dari Lexus.

Peluncuran Lexus UX 300e di Indonesia merupakan yang pertama di Asia Tenggara dan merupakan implementasi dari komitmen untuk visi Lexus Electrified.

Visi Lexus Electrified yang merupakan strategi elektrifikasi global, menjadi landasan Lexus dalam melakukan lompatan inovatif untuk performa kendaraan listrik, pengendalian, keamanan, dan kenikmatan berkendara masa depan.

Sebagai kendaraan berpenggerak murni listrik, Lexus UX 300e menyajikan kecanggihan dan kemudahan yang dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, dimana hubungan antara manusia sebagai pengendali dan kendaraan semakin tinggi.

Baca juga :  Simak, Ini Perbedaan New Pajero Sport dengan Versi Sebelumnya

Ditambah dengan performa penggerak motor listrik yang andal, Lexus UX 300e tidak hanya membuat pengemudi nyaman, namun juga memberikan perfoma berkendara yang maksimal dengan tenaga yang powerful.

“Lexus Indonesia dengan bangga mempersembahkan kendaraan full bertenaga listrik pertama di Indonesia yaitu Compact Luxury Crossover Lexus UX 300e. Kami optimistis kehadiran Lexus UX 300e akan memberikan warna baru bagi industri otomotif, lifestyle, dan luxury market di Indonesia terutama untuk para Lexus Enthusiasts yang sangat environmentally conscious,“ kata Meinisa, General Manager Lexus Indonesia

Sistem Penggerak Full Listrik Pertama dari Lexus

Lexus selalu fokus untuk memberikan driving performance yang menyenangkan, dan pengembangan BEV pertama ini menjadi wujud keseriusan Lexus.

Menggunakan baterai jenis Lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54.35 kWh yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300Nm, jangkauan mengemudi Lexus UX 300e bisa mencapai 300km (WLTP) dengan sekali pengisian daya listrik.

Baca juga :  Mobil Listrik Wuling Tampil di Indonesia Electric Motors Show 2019

Untuk memanjakan pelanggannya, setiap pembelian Lexus UX 300e sudah dilengkapi dengan AC Wall Charger yang dapat dapat dipasang dimanapun sesuai keinginan pelanggan dan sebuah Household Socket Charging Cable yang dapat digunakan di stop kontak dinding standar.

Selain mengisi daya di rumah, Lexus UX 300e juga bisa mengisi daya baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah disediakan oleh PT. PLN. Lokasi pengisian daya baterai bisa dilihat di aplikasi CHARGE.IN yang dekat area-area tertentu seperti di mal, parkiran, kantor-kantor PLN, kantor pemerintah, dan lainnya.

Durasi pengisian akan tergantung pada suhu baterai, riwayat penggunaan, pengisi daya, dan voltase listrik. Berdasarkan uji coba yang dilakukan Lexus, pengisian daya baterai sampai penuh dengan menggunakan Household Socket Charging Cable bisa memakan waktu kurang lebih 24 Jam.

Baca juga :  BMW Seri 5: Inovasi Mutakhir Sedan Pebisnis yang Mempesona

Akan tetapi, pengisian menggunakan AC Wall Charger yang disediakan oleh Lexus hanya membutuhkan kurang lebih lima sampai enam jam. Apabila pengisian lebih cepat perlu dilakukan, mengisi daya baterai di SPKLU membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit menggunakan DC Fast Charging. [po/rst]