JAKARTA – Kini usia Valentino Rossi telah menginjak 40 tahun, tentu di usia tersebut sudah saatnya bagi Rossi untuk memutuskan pensiun dari dunia balap. Desas-desus tentang akhir dari kariernya memang semakin terdengar jelas di akhir musim MotoGP 2019 ini.

Setelah mengalami tiga kali tabrakan berturut – turut di Mugello, Barcelona, Assen dan tempat kedelapan di Sachsenring pada libur musim panas, pengunduran diri lebih awal Rossi dari dunia balap kembali dipertanyakan.

Pada bulan Agustus Rossi hanya dapat menempati peringkat 6, 4, dan 4 di Brno, Spielberg dan Silverstone. Sedangkan di Grand prix Inggris, Rossi dapat kembali di urutan terdepan untuk pertama kalinya sejak GP Texas bulan April lalu.

Baca juga :  W Series, Balapan Single Seater Khusus Wanita Digelar Tahun Depan

Apakah kembalinya performa Rossi di akhir musim MotoGP 2019, memudarkan isu akan pengunduran dirinya dari dunia balap.

“Tidak,aku punya lebih banyak waktu luang, Saya tahu bahwa saya termotivasi dan bisa menjadi kuat karena saya merasa baik, juga secara fisik. Tapi itu sangat tergantung pada perasaan dengan kemampuan motor saya,” ujar the Doctor.

Lebih lanjut Rossi menambahkan, “Untuk setengah musim, saya jujur, optimis, karena kami berada di jalur yang saya sukai di Mugello, Assen, Sachsenring atau Barcelona. Tetapi kami berada dalam situasi yang sangat buruk, kami kehilangan sedikit, saya tidak berhasil mengendarai motor saya dengan cepat,”

Baca juga :  Balap Jalan Raya BSD Grand Prix 2018, Jadi Menu Penutup Akhir Tahun

Rossi memberikan contoh seperti yang dialami oleh mantan rekan setimnya di Yamaha, Jorge Lorenzo, “Contoh Lorenzo adalah bahwa jika Anda tidak 100 persen dan motor Anda tidak 100 persen pada batas maksimal, maka Anda tidak berada di tempat ketujuh tetapi di urutan ke-18 karena semua tim sama kuat,” tambah Rossi.

Seperti diketahui, Lorenzo dilanda cedera pada tahun pertamanya di Repsol-Honda dan hanya mencetak 21 poin dalam delapan balapan. Dengan demikian, Lorenzo hanya mampu menempati peringkat ke-19 klasemen sementara saat ini.

“Itu normal bahwa pada usia saya dan dalam fase karir saya, ketika saya membuat tiga balapan yang buruk, orang-orang mulai berkata, ‘Dia sudah tua, sudah waktunya dia tinggal di rumah.’ Itu sebabnya saya senang dengan hasil seperti kualifikasi di Silverstone, karena saya tahu saya bisa bersaing ketika saya balapan dengan baik.” tutup Rossi. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published.