Mengenal Fitur Emergency Stop Signal (ESS) Di New CBR 150R

JAKARTA – AHM yang baru saja merilis penyegeran untuk model CBR 150R masih menyisakan kekepoan konsumen terhadap fitur baru yang dibenamkan diantaranya Emergency Stop Signal (ESS), Bagaimana cara kerjanya?

Diketahui bahwa CBR 150R terbaru ini mengadopsi salah satu fitur dari mogenya.Adalah Honda Gold Wing, dimana ketika melakukan pengereman akan otomatis menyalakan lampu hazard yang bertujuan memperingati kepada pengendara dibelakangnya agar menurunkan kecepatan sehingga mengurangi kemungkinan tabrakan atau menabrak motor yang didepannya.

Baca juga :  Dari BBM Daur Ulang Sampah Plastik, Pemuda Ini Touring Jakarta - Bali

Sebelum membahas detail bagaimana cara kerja ESS pada New CBR 150R kita bahas dulu apa saja ornamen dan faktor agar ESS bisa bekerja.

Seperti yang dijelaskan oleh Endro Sutarno,Technical Service Division AHM.

Pertama motor tersebut harus memiliki sistem pengereman ABS, karena ABS menjadi pusat penggerak ESS di New CBR 150R melalui modular ABS atau ECU ABS dimana ABS System motor ini sudah ABS Dual Channel.

Baca juga :  Pebalap Binaan PT AHM Raih Podium di Thailand Talent Cup

Kedua, motor harus berjalan pada kecepatan 50km/jam dan terjadi penurunan kecepatan karena pengereman mendadak atau disebut deselarasi.

Maka kelistrikan pada New CBR 150R ini akan mendapat perintah dari modular ABS yang sudah diintegrasikan akan menyalakan lampu sen (signal) dengan kedipan yang berbeda saat akan memberikan sinyal belok kanan/kiri, lampu sen tersebut menyala dengan interval kedipan yang lebih cepat dan seperti menyalakan lampu hazard.

Perlu diketahui kalau New CBR 150R tidak memiliki saklar untuk menyalakan lampu sen (signal) secara bersamaan dengan cara manual.[Aa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here