PORTUGAL – Pembalap Mercedes F1 Team, Lewis Hamilton menjuarai lanjutan seri F1 2020 Grand Prix Portugal yang berlangsung di Sirkuit Portimou, Minggu (25/10/2020).

Posisi kedua menjadi milik rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas disusul pembalap Red Bull, Max Verstappen di podium ketiga.

Urutan keempat diraih oleh pembalap Ferrari Charles Leclerc disusul Pierre Gasly dan Carlos Sainz masing-masing posisi kelima dan keenam.

Hasil di F1 Portugal kali ini adalah kemenangan ke-92 Hamilton dalam karirnya di F1. Torehan ini Hamilton sukses melewati rekor kemenangan Michael Schumacher dengan catatan 91 kemenangan.

Baca juga :  3 Pembalap Honda Indonesia Gempur CEV Eropa - Barcelona 2019

Rekor Schumacher ini bertahan selama hampir 14 tahun sejak 2006 sebelum dipecahkan oleh Hamilton. Pembalap asal Inggris ini mengaku pencapaian ini terasa mimpi yang menjadi kenyataan.

“Saya hanya bisa bermimpi berada di tempat saya hari ini. Saya tidak memiliki bola keajaiban ketika saya memilih untuk bergabung ke tim ini dan berkolaborasi dengan orang-orang hebat di sini. Namun sekarang, inilah saya,” ujar Hamilton dikutip dari Crash.

Baca juga :  Tampil di Kandang, Ferrari F1 Berpotensi di Dibully Tifosi

Kemenangan di GP Portugal ini juga membuat Hamilton kini semakin dekat dengan gelar juara F1 2020. Ia berada di puncak klasemen pebalap dengan 256 poin unggul 77 angka dari rekannya di Mercedes, Valtteri Bottas di urutan kedua (179 poin).

Hamilton kini mengincar gelar juara dunia ketujuh sepanjang kariernya di F1. Jika hal tersebut bisa direalisasikannya, Hamilton akan kembali menyamai rekor Schumacher sebagai pebalap F1 dengan jumlah gelar juara dunia terbanyak. [po/rst]