JAKARTA – Para pemilik mobil suka disibukkan dengan wiper yang tidak berfungsi secara maksimal, terlebih saat kondisi memasuki musim hujan. Padahal pada mobil, wiper cukup berperan penting. Fungsinya memaksimalkan pandangan di kala hujan turun.

Di pasaran banyak ditemukan bentuk dan fitur wiper yang ditawarkan dengan beragam merek dan kelebihaan. Terdapat dua jenis wiper yang saat ini umum digunakan, yakni wiper aerodinamis serta wiper tipe standard.

Baca juga :  Cari Ban Baru, Yamaha Kini Sediakan Produknya

Wiper standard, masih menggunakan tangkai besi (blade) sebagai rangkanya. Sementara, model tanpa rangka atau frameless disematkan pada mobil-mobil mewah. Karena anyaknya tipe dan bentuk wiper yang ada di pasaran, terkadang justru membuat kita bingung untuk menetukan pilihan.

Bagi Anda yang masih bingung memilih wiper, simak tips yang disampaikan Marco, Manager Autovision, sebuah bengkel yang berlokasi di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga :  PT Total Oil Indonesia Hadirkan Pelumas Mesin Berkualitas Bagi Pengguna LCGC

Dalam menentukan pilihan, Marco memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan. “Yang utama adalah, lihat dari jenis kondisi karetnya. Apakah lentur, elastis atau tidak. karena efek kaca yang memakai kaca film peredam panas dapat mempengaruhi usia wiper,” ungkapnya.

Selain itu tambah Marco, wifer yang bagus ketika di-shake dia biasanya tidak goyang. “Pilih wiper bentuk arodinamis, karena dengan kondisi yang fleksibel, sapuan wiper menghalau air hujan lebih merata saat digunakan,” tutupnya. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published.