Suzuki Indonesia-Pabrik Perakitan

JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) melaporkan hasil penjualan mereka tahun lalu. Beberapa produk Suzuki tercatat laris manis terjual. Lantas produk apa yang paling banyak dibeli?

Tercatat ada dua produk yang mendominasi penjualan Suzuki tahun lalu. Kedua produk tersebut adalah NEX II dan juga Satria F150 yang memberikan kontribusi sebesar 78% terhadap penjualan nasional Suzuki.

Secara keseluruhan, Suzuki menjual 71.861 unit. Angka ini dilihat dari data resmi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Melalui pencapaian itu, Suzuki masih menempatkan posisi di daftar tiga besar APM produk sepeda motor.

Baca juga :  Suzuki Jimny Bermesin Turbo, Mejeng di SEMA Show

“Terima kasih atas dukungan serta kepercayaan pelanggan setia Suzuki selama tahun 2019. Seluruh prestasi ini merupakan kebanggaan bagi kami dan menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan layanan dan menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujar Yohan Yahya, Department Head of Sales & Marketing 2W PT SIS.

Enggak hanya menjual produk di Indonesia, Suzuki juga melakukan ekspor. ekspor kendaraan roda dua sebanyak 181.473 unit dengan 46 tujuan Negara ekspor selama tahun 2019.

Baca juga :  Balikpapan Juga Gila Maxi, Tampilkan CustoMAXI Nuansa Etnik

Angka tersebut terdiri dari 53.073 unit completely built-up (CBU) serta 128.400 unit completely knock-down (CKD) yang memberikan kontribusi sebesar 72% dari total penjualan kendaraan roda dua. Di pasar ekspor, peningkatan pendapatan suku cadang resmi Suzuki untuk roda dua mencapai 35%.

Suzuki juga terus meningkatkan layanan purna jual sepeda motor melalui 328 outlet resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan cakupan yang luas tersebut, Suzuki menerima unit intake hingga mencapai 576.000 unit selama tahun 2019.

Baca juga :  F1Z Putih di Dealer Yamaha Bali, Tampil Kinclong Menolak Punah

Selain itu berbagai program dan layanan purnajual pun digelar untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, seperti servis dan gratis biaya jasa di 66 bengkel resmi, 20 titik posko Bengkel Siaga Lebaran, hingga training safety riding. [Po/Syah]