PORTUGAL – Mario Surto Aji kembali memberikan harapan indah bagi dunia balap Tanah Air setelah mendapat posisi start kedua di Moto3 Portugal 2022 yang digelar Minggu (24/4/22). Namun, hingga akhir balapan, Mario hanya sanggup finish di posisi 16.

Mario gagal mengulang torehan point karena peraih poin terakhir ada di posisi ke-15. Meski begitu, pembalap binaan Astra Honda Motor yang kini membalap bersama Honda Team Asia ini bisa menyelesaikan balapan hingga tuntas.

Dia juga mengaku mengambil banyak pelajaran dri balapan di Portugal yang menurutnya sangat kompetitif. Hasil balapan ini akan memicunya untuk tampil lebih baik lagi di seri lanjutnya.

Baca juga :  Ikuti Jejak Rins, Joan Mir Perpanjang Kontrak dengan Suzuki

Performa bagus ditunjukkan Mario sejak sesi latihan pada hari Jumat dan berlanjut hingga sesia kualifikasi pada Sabtu dengan meraih hasil terbaik kedua.

Pada race day Minggu, Mario juga memulai balapan dengan baik. Sepanjang lap pertama dia bertarung sengit dengan pembalap di barisan depan. Namu, motornya melambat memasuki lap kedua dan terus menurun hingga pertegahan balapan.

Di penghujung balap, Mario yang mencoba meraih poin gagal bertarung dan harus menerima finish di posisi 16.

Baca juga :  Meninggal di Sirkuit Sepang, Final Battle Hebat Buat Afridza Munandar

Dalam keterangan Honda Team Asia disebutkan, menurunnya performa motor Mario selepas lap kedua karena factor ban. Mario Aji mengaku terlalu nge-push diawal balapan. Hal ini membuatnya bertahan di barisan pembalap di depan.

Namun, akibatnya pada ban yang mulai kehilangan powernya. “Ban belakang sangat nge-drop karena saya nge-push terlalu keras di tikungan,” jelasnya.

Meski begitu Mario Aji mengaku senang, karena banyak hal bisa dipetiknya terutama saat bertarung dengan pembalap di barisan depan. “Kami terus bekerja pada kekurangan besar yang perlu kami perbaiki. Kami akan lebih sering berada di depan; kita butuh waktu,” ujarnya.

Baca juga :  Zarco Tabrak Marquez, Vinales Menang di Philip Island

Saat ini Mario Aji menempati posisi ke-24 klasemen sementara dari 31 pembalap Moto3 dengan torehan poin 2. Selanjutnya kita tunggu aksi berikutnya dari Mario di MotoGP Spanyol yang akan berlangsung pada 1 Mei 2020. {PO/Haz}