VALENCIA – Berharap bisa menyaksikan Jorge Lorenzo comeback di ajang MotoGP paska penyembuhan cideranya di tahun 2019, eh malah kabar buruk yang tiba. Sang matador akhirnya memilih untuk mengakhiri karir balapnya yang telah dilalui dengan cukup gemilang.

Jorge Lorenzo telah menyatakan resmi mengumumkan pensiun dini dari arena MotoGP setelah seri akhir MotoGP 2019 pekan ini di Valencia. Artinya, pembalap 32 tahun ini, tak akan berlaga lagi di balapan terbaik di dunia ini untuk tahun 2020.

Ya, faktor cidera tulang belakang membuat The Spaniard ini mengalah dengan keadaan. Sejak meninggalkan tim Yamaha tahun 2017 dan membalap bersama Ducati, prestasi Lorenzo tak sebagus saat bersama Yamaha dengan merebut tiga kali gelar juara dunia MotoGP.

Baca juga :  Sirkuit Baru di Muara Bungo Jambi Siap Menggelar Kejurnas

karirnya makin memburuk saat bergabung dengan tim Repsol Honda tahun 2019. Beberapa kali Jorge Lorenzo mengalami crash dengan Honda RC213V, menyebabkan cedera punggung yang membuat performanya tak kunjung membaik. Dia harus mengakhiri karir balapnya lebih cepat dibanding masa kontraknya. Bersama Repsol Honda Team, kontraknya masih hingga 2020.

Akan sangat menarik untuk menunggu pihak Honda mengumumkan siapa pembalap terbaik yang bakal menggantikan posisi Jorge Lorenzo. Sebagai tim pabrikan, alias tim utama, Honda pastinya akan memilih pembalap terbaik di antara 20-an pembalap di kelas MotoGP. Dalam sejarah, hanya Marc Marquez pembalap utama di di tim Honda yang langsung dari kelas Moto2.

Baca juga :  Mobil MPV Xpander Bisa Menang Balap Rally, Apa Rahasianya?

Nah, siapa dia? Di tim satelit Honda saat ini ada dua pembalap yang tengah aktif berlaga. Mereka adalah Cal Crutchlow yang saat ini membela panji LCR Honda Castrol dan Takaaki Nakagami yang berada di bawah tim LCR Honda Idemitsu.

Kemungkinan terbesar, Honda akan memboyong Cal Crutchlow bersama tim utama. Sementara posisi dia sekarang akan ditempati Zohann Zarco mantan pembalap Redbull KTM Factory Racing yang memutuskan mengakhiri kontrak bersama timnya saat masih di tengah jalan.

Namun, dalam kondisi ini bisa saja, Repsol Honda langsung mengatrol Zarco untuk menemani Marc Marquez di tim pabrikan.

Baca juga :  Berkat Teknologi Rangka Ini, Mesin Honda Genio Minim Getaran

Kemungkinan lainnya, Honda akan memboyong pembalap anyar dari kancah Moto2 seperti mereka memboyong Marquez yang fenomenal di Moto2 untuk membalap di kelas utama tahun 2013. Namun sejauh ini belum nampak pembalap yang punya prestasi sehebat Marquez. Nah, semakin seru untuk tahu siapa pengganti Lorenzo. Kita tunggu ! [PO/Haz}

Leave a Reply

Your email address will not be published.