JAKARTA – Masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di beberapa daerah di Indonesia kembali diperpanjang dengan sejumlah penyesuaian.

Sebagian dari kita, banyak yang kembali melakukan rutinitas pekerjaan dari rumah (WFH), yang juga membuat kendaraan, khususnya mobil yang biasa kita pakai mungkin tidak akan sering digunakan, atau bahkan terparkir lama di garasi rumah.

Pada saat yang sama, mobil kita juga tetap membutuhkan perawatan dan perhatian pemiliknya agar tetap dalam kondisi optimal, ketika akan digunakan beraktivitas kembali. Demi menjaga mobil Sahabat tetap dalam kondisi prima selama tidak digunakan, berikut 5 kiat ala Daihatsu:

Baca juga :  Kumpul Bareng Pengendara Mulai Jajaki Kota Jakarta

1. Memanaskan mesin mobil secara teratur

Paling tidak sesekali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki mobil. Sebab, mobil yang tidak dipakai dapat mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya.

2. Menjaga tekanan angin ban

Dengan menambah sekitar 5% dari tekanan angin normalnya. Sahabat juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju–mundur ketika sedang memanaskan mesin agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu merata, dan mencegah kerusakan flat spot pada ban.

3. Aktifkan Rem parkir dan Transmisi di posisi P (Parking) khusus pada mobil Matic

Baca juga :  Teknologi Airbag Perusahaan Jerman Ini di Luar Kebiasaan Umum

Sekalipun kendaraan berada di bidang jalan yang rata. Hal ini diperlukan demi keamanan, dan mencegah mobil bergerak ketika sedang diparkir, khususnya dalam waktu yang lama.

4. Jaga kebersihan mobil

Dengan mencuci sisi eskterior dan interior secara berkala. Pastikan tidak ada sisa makanan atau kotoran untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang akan berkembang dan menempel khususnya di dalam mobil .

5. Parkir kendaraan di tempat yang tepat

Seperti garasi rumah menjadi pilihan terbaik. Namun, bagi Sahabat yang memiliki keterbatasan lahan, pastikan mobil diparkir di area yang tidak terkena matahari secara langsung atau dibawah pohon karena dapat membuat cat mobil mudah pudar dan kusam. Pastikan lokasi parkir juga aman dan mudah dipantau, bila perlu tambahkan juga kunci ganda pada kendaraan. [Po/Abc]