JAKARTA – Keberhasilan Lewis Hamilton memenangi Formula 1 GP Eifel 2020, Minggu (11/10/2020) membuat pembalap Inggris tersebut kini menyamai rekor legenda F1, Michael Schumacher.

Kemenangan ini membuat Hamilton sudah meraih 91 kemenangan sejak memulai debut F1 di tahun 2007. Jumlah itu menyamai milik Schumacher, yang membalap di periode 1991-2006 dan 2010-2012.

Seusai balapan, Hamilton pun mendapat apresiasi secara tak langsung dari Schumacher. Lewat anaknya, Mick Schumacher, Hamilton mendapat hadiah salah satu helm legendaris milik sang juara dunia tujuh kali tersebut.

“Saat kamu tumbuh dewasa menonton seseorang, mengidolakannya karena apa yang sudah dicapainya, tahun demi tahun, balapan demi balapan,” kata Hamilton seusai balapan, dikutip Sky Sports.

“Melihat dominasinya yang bertahan lama, saya tak pernah berpikir ada orang yang bisa menyamainya, terutama saya, yang bisa mendekati rekor Michael. Ini penghargaan yang luar biasa,” lanjut Hamilton.

Saat ini, Hamilton memimpin klasemen pebalap dengan 230 poin. Ia unggul 69 poin dari Bottas yang ada di urutan kedua dan 83 poin dari Max Verstappen di urutan ketiga. Balapan musim ini menyisakan enam seri lagi.

Hamilton akan memecahkan rekor jumlah kemenangan di F1 jika kembali berhasil menjadi yang teratas di seri berikutnya, yakni F1 GP Portugal pada Minggu (25/10) mendatang. [po/rst]